MINGGU IX (12-17 SEPTEMBER 2022)

Laporan Minggu IX (12 ~ 17 September 2022)


PANDUAN DAN REFLEKSI MINGGU I

PEKAN APRESIASI KARYA SISWA INSPIRATIF

(PAKSI)

A. Pengantar

Program Projek Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 7 Subagan merupakan program semesteran yang setiap tengah semester dilakukan asesemen proses untuk mendapatkan umpan balik bagi upaya pengembangan karakter, melalui kegiatan yang melibatkan siswa secara penuh yang diharapkan berdampak pada siswa. Program yang sudah dirancang guru baik tertulis maupun tidak, perlu mendapatkan umpan balik baik dari sisi pengalolaan pembelajaran oleh kepala sekolah kepada guru, dan kepada murid oleh guru. Program ini menyasar mulai dari siswa kelas I – kelas VI dengan beragam karakteristik dan mode penerapan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang diberlakukan.

Siswa kelas I dan IV yang telah melaksanakan Kurikulum Merdeka penggunaan Model Projek Base Learning disesuaikan dengan prinsip merdeka dengan mengacu pada kegiatan pembelajaran P5. Sementara kelas II, III, V dan VI, yang masih menggunakan Kurikulum 2013 yang disederhanakan juga ikut melaksanakan Projek Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila (P5) yang disesuaikan dengan konten kurikulum tersebut. Persiapan yang dilakukan guru sesuai panduan kepala sekolah, ada yang direncanakan secara baik, ada pula yang sedang belajar menuju perencanaan yang lebih baik. Kompleksitas Kurikulum Merdeka yang secara prinsip yang semangatnya diadopsi oleh para guru sedang dalam proses berkembang, dimana guru juga pada saat yang sama juga sedang belajar.

Mode penerapan IKM Mandiri Berubah yang dijadikan landasan kebijakan dalam penerapan ini dirancang secara kolaboratif walaupun hal tersebut belum terencana secara baik. Lebih baik memulai sambil belajar dari pada menunggu untuk bisa setelah belajar, merupakan semangat kepala sekolah dan diikuti para guru di SD Negeri 7 Subagan. Maka dari itu, panduan, arahan, fasilitasi dan pembimbingan berkelanjutan menggunakan format Supervisi Refleksi Berkelanjutan yang dilaksanakan secara mingguan merupakan senjata utama dalam melaksanakan program ini. Melalui upaya itu kepala sekolah berharap pergerakan kawan-kawan senantiasa dapat didorong maju, dan dipelihara untuk tetap berkembang seiring pengetahuan baru, pengalaman baru yang sedang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru.

Beranjak dari keinginan untuk selalu berkembang melalui proses belajar berkelanjutan sambil melaksanakan secara konsisten (Learning Consistenly by Doing Countinously) kami berharap Mind Set untuk berubah senantiasa terpelihara sehingga menjadi budaya sekolah. Panduan Pekan Apresiasi Karya Siswa Inspiratif (PAKSI) merupakan ajang pagelaran karya inspirtif dari para siswa SD Negeri 7 Subagan dalam upaya mengembangkan kompetensi dan karakter sesuai Skill Abad 21, yang selaras dengan Visi Sekolah “Terwujudnya siswa berintegritas yang berketuhanan berakhlak mulia, kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif.

B. Tujuan

Pekan Apresiasi Karya Siswa Inspiratif (PAKSI) ini dilaksananakan dalam format gelar karya siswa yang bertujuan:

 

C. Manfaat

Pekan Apresiasi Karya Siswa Inspiratif (PAKSI) yang bertujuan baik seperti uraian di atas, akan sangat bermanfaat dalam hal:


Program Panduan PAKSI.docx

G. Asesemen

Penilaian Tengah Semester meliputi semua aspek yang telah dipelajari dan dilakukan siswa dipandang dari sudut kognitif, psikomotor dan afektif seperti:

Asesemen kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, presentasi dan tindak lanjut yang diselenggarakan oleh siswa dilakukan untuk memperoleh kemajuan hasil belajar pada program P5. Asesemen kegiatan tersebut meliputi beberapa aspek dan indikatornya:

a.    Bersyukur

b.    Sopan santun

c.    Menyadari pentingnya peduli lingkungan

a. Bekerja sama dan saling membantu

b. Kemampuan Berbagi

a. Tangguh dan tidak lekas putus asa

b. Mampu mengendalikan diri saat konflik

a. Menyadari perbedaan kemampuan

b. Menghargai perbedaan dan pendapat orang lain

a. Memiliki gagasan baru

b. Mencipta hal baru

a. Mempertanyakan suatu kebenaran

b. Merespon pertanyaan dengan masuk akal

 

Aspek dan indikator di atas, selanjutnya dikembangkan oleh guru dengan memilah aspek yang relevan dengan konteks materi projek. Sekor masing-masing aspek dan indikator ditentukan sebagai berikut:

H. Refleksi Program

Program Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila, merupakan program yang telah di awali dari bulan Agustus 2022 – ke tahapan yang dinamis sesuai situasi dan kondisi. Sesuai program yang telah di buat beberapa langkah yang sudah kepala sekolah sebagai pembina di sekolah adalah sebagai berikut:


Hingga laporan ini di tulis, kegiatan P5 dalam format PAKSI sedang berlangsung, sesuai dokumentasi di bawah.


Beberapa hal yang menjadi catatan baik dalam proses pelaksanaan kegiatan dimaksud yang sudah dilaksanakan sepekan ini adalah sebagai berikut:


Beberapa hal yang perlu ditingkatkan dari kegiatan implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam bentuk Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam format Pekan Apresiasi Karya Siswa Inspiratif (PAKSI) adalah sebagai berikut:


Tindak lanjut dari hasil refleksi pekan I dari pelaksanaan PAKSI adalah:


I. Penutup


Melihat ide, gagasan dari pelaksanaan Pekan Apresiasi Karya Siswa Inspiratif (PAKSI) ini merupakan hal yang sangat baik dalam rangka menumbuhkan karakter peduli lingkugan pada siswa. Model pembelajaran kelasikal yang biasan dilakukan selama ini mungkin tetap bisa dilakukan untuk mendukung upaya ini, tetapi pelaksanaan Projek Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila, akan lebih berdampak dan bermakna bagi mereka. Kesadaran akan pentingnya karakter peduli lingkungan ditanamkan pada siswa, tidak selesai hanya dengan ceramah untuk memberi pemahaman kepada siswa. Kebermaknaan belajar akan lebih tinggi dan berdampak bagi mereka jika siswa melakukannya secara langsung. Sedemikian besar manfaat program ini, maka perlu mendapatkan perhatian dari kepala sekolah dalam bentuk perhatian lebih terutama dalam hal memfasilitasi dan merefleksi. Semoga refleksi pekan pertama ini dapat membantu guru dalam meningkatkan lagi pemahaman tentang pentingnya mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam upaya mengembangkan integritas siswa berdasarkan kompetensi sesuai skill Abad 21. Terimakasih.


Pedoman

JADWAL PELAJARAN 2022,2023.xlsx - Jadwal Pelajaran.pdf

JADWAL PELAJARAN

Dokumentasi

Kegiatan Guru Menyapa Siswa

VID_20220914_065450.mp4

Kegiatan Upacara Bendera

Kegiatan Giat kebersihan

Video - Google Foto_4.mp4
Video - Google Foto.mp4
Video - Google Foto_2.mp4

Kegiatan Persembahyangan

WhatsApp Video 2022-09-13 at 07.41.00.mp4

Kegiatan Senam Pagi

WhatsApp Video 2022-09-13 at 07.41.00 (1).mp4

Kegiatan Literasi & Numerasi

WhatsApp Video 2022-09-16 at 08.23.29.mp4
WhatsApp Video 2022-09-16 at 08.23.28.mp4
WhatsApp Video 2022-09-08 at 07.59.14.mp4
WhatsApp Video 2022-09-08 at 07.59.14 (1).mp4
VID_20220914_075542.mp4
VID_20220914_075645.mp4
WhatsApp Video 2022-09-07 at 08.51.00.mp4
WhatsApp Video 2022-09-07 at 08.51.08.mp4
WhatsApp Video 2022-09-07 at 08.51.22.mp4
WhatsApp Video 2022-09-07 at 08.51.42.mp4

Kegiatan Belajar Mengajar

Kegiatan Pembelajaran Project Siswa Kelas VI Dalam Merakit Rangkaian Listrik Seri dan Paralel

KELAS 6_RANGKAIAN LISTRIK SERI & PARALEL.mp4

Kegiatan Pembelajaran Project Siswa Kelas IV Dalam Pembuatan Montase Dengan Memanfaatkan Barang Bekas & Membuat Celengan

WhatsApp Video 2022-09-17 at 08.19.10.mp4
WhatsApp Video 2022-09-13 at 08.39.58.mp4
WhatsApp Video 2022-09-13 at 08.37.20.mp4
WhatsApp Video 2022-09-14 at 10.41.13.mp4
VID_20220914_082034.mp4

Refleksi Tengah Semester (19 ~ 24 September 2022)

REFLEKSI TENGAH SEMESTER KELAS 1.docx

KELAS I

KELAS II

REFLEKSI TENGAH SEMESTER KELAS 3.docx

KELAS III

JAWABAN REFLEKSI TENGAH SEMESTE1KUR.MERDEKA..docx

KELAS IV

KELAS V

REFLEKSI TENGAH SEMESTER.docx

KELAS VI

BU NENGAH REFLEKSI TENGAH SEMESTER.doc

Refleksi Guru Agama Hindu

REFLEKSI TENGAH SEMESTER GUSTI PURNA.docx

Refleksi Guru PJOK