MINGGU IX (12-17 SEPTEMBER 2022)
PANDUAN DAN REFLEKSI MINGGU I
PEKAN APRESIASI KARYA SISWA INSPIRATIF
(PAKSI)
A. Pengantar
Program Projek Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 7 Subagan merupakan program semesteran yang setiap tengah semester dilakukan asesemen proses untuk mendapatkan umpan balik bagi upaya pengembangan karakter, melalui kegiatan yang melibatkan siswa secara penuh yang diharapkan berdampak pada siswa. Program yang sudah dirancang guru baik tertulis maupun tidak, perlu mendapatkan umpan balik baik dari sisi pengalolaan pembelajaran oleh kepala sekolah kepada guru, dan kepada murid oleh guru. Program ini menyasar mulai dari siswa kelas I – kelas VI dengan beragam karakteristik dan mode penerapan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang diberlakukan.
Siswa kelas I dan IV yang telah melaksanakan Kurikulum Merdeka penggunaan Model Projek Base Learning disesuaikan dengan prinsip merdeka dengan mengacu pada kegiatan pembelajaran P5. Sementara kelas II, III, V dan VI, yang masih menggunakan Kurikulum 2013 yang disederhanakan juga ikut melaksanakan Projek Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila (P5) yang disesuaikan dengan konten kurikulum tersebut. Persiapan yang dilakukan guru sesuai panduan kepala sekolah, ada yang direncanakan secara baik, ada pula yang sedang belajar menuju perencanaan yang lebih baik. Kompleksitas Kurikulum Merdeka yang secara prinsip yang semangatnya diadopsi oleh para guru sedang dalam proses berkembang, dimana guru juga pada saat yang sama juga sedang belajar.
Mode penerapan IKM Mandiri Berubah yang dijadikan landasan kebijakan dalam penerapan ini dirancang secara kolaboratif walaupun hal tersebut belum terencana secara baik. Lebih baik memulai sambil belajar dari pada menunggu untuk bisa setelah belajar, merupakan semangat kepala sekolah dan diikuti para guru di SD Negeri 7 Subagan. Maka dari itu, panduan, arahan, fasilitasi dan pembimbingan berkelanjutan menggunakan format Supervisi Refleksi Berkelanjutan yang dilaksanakan secara mingguan merupakan senjata utama dalam melaksanakan program ini. Melalui upaya itu kepala sekolah berharap pergerakan kawan-kawan senantiasa dapat didorong maju, dan dipelihara untuk tetap berkembang seiring pengetahuan baru, pengalaman baru yang sedang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru.
Beranjak dari keinginan untuk selalu berkembang melalui proses belajar berkelanjutan sambil melaksanakan secara konsisten (Learning Consistenly by Doing Countinously) kami berharap Mind Set untuk berubah senantiasa terpelihara sehingga menjadi budaya sekolah. Panduan Pekan Apresiasi Karya Siswa Inspiratif (PAKSI) merupakan ajang pagelaran karya inspirtif dari para siswa SD Negeri 7 Subagan dalam upaya mengembangkan kompetensi dan karakter sesuai Skill Abad 21, yang selaras dengan Visi Sekolah “Terwujudnya siswa berintegritas yang berketuhanan berakhlak mulia, kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif.
B. Tujuan
Pekan Apresiasi Karya Siswa Inspiratif (PAKSI) ini dilaksananakan dalam format gelar karya siswa yang bertujuan:
Meningkatkan kemampuan siswa untuk bernalar kritis dalam memahami materi pelajaran melalui kegiatan eksplorasi konsep pada perencanaan Projek Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila
Meningkatkan kemampuan siswa untuk berkreasi dalam mengimplementasikan materi pelajaran menghasilkan produk belajar yang bermakna
Meningkatkan kemampuan siswa berkolaborasi dalam perencanaan, pelaksanaan dan presentasi produk belajar dalam mewujudkan semangat gotong-royong dan menghargai perbedaan
Meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam memperkenalkan proses pembuatan dan pemanfaatan produk hasil belajar dengan bahasa yang baik
Meningkatkan rasa percaya diri karena berhasil menunjukkan karya, sekaligus menarik simpati dan empat menjadi siswa dipercaya sebagai pribadi yang tangguh dalam memecahkan masalah dan membantu orang lain
Â
C. Manfaat
Pekan Apresiasi Karya Siswa Inspiratif (PAKSI) yang bertujuan baik seperti uraian di atas, akan sangat bermanfaat dalam hal:
Secara langsung bagi perolehan penilaian terhadap siswa atas capaian hasil belajar yang berwujud produk belajar baik dari sisi kognitif, psikomotor dan afektif
Secara langsung berdampak bagi aktivitas sekolah yang beragam yang menunjukkan dinamika sekolah kreatif dan inovatif
Secara tidak langsung dalam mewujudkan tujuan kegiatan seperti uraian yang dideskripsikan pada tujuan di atas
Secara tidak langsung bagi peningkatan kepercayaan diri guru yang telah berhasil merencanakan, melaksanakan dan mengasesemen siswa melalui kegiatan projek
Secara tidak langsung juga akan meningkatkan kepercayaan kepala sekolah dalam terus berupaya untuk mewujudkan pengelolaan sekolah yang berdampak pada siswa

G. Asesemen
Penilaian Tengah Semester meliputi semua aspek yang telah dipelajari dan dilakukan siswa dipandang dari sudut kognitif, psikomotor dan afektif seperti:
Asesemen Hasil Belajar Mata Pelajaran berbasis tes soal Hots dan asesemen kinerja
Penilaian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
Asesemen kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, presentasi dan tindak lanjut yang diselenggarakan oleh siswa dilakukan untuk memperoleh kemajuan hasil belajar pada program P5. Asesemen kegiatan tersebut meliputi beberapa aspek dan indikatornya:
Aspek Ahklak Mulia, meliputi:
a.  Bersyukur
b.  Sopan santun
c.  Menyadari pentingnya peduli lingkungan
Aspek Gotong royong
a. Bekerja sama dan saling membantu
b. Kemampuan Berbagi
Aspek Mandiri
a. Tangguh dan tidak lekas putus asa
b. Mampu mengendalikan diri saat konflik
Aspek Kebhinekaan Global
a. Menyadari perbedaan kemampuan
b. Menghargai perbedaan dan pendapat orang lain
Aspek Kreatif
a. Memiliki gagasan baru
b. Mencipta hal baru
Aspek Berpikir Kritis
a. Mempertanyakan suatu kebenaran
b. Merespon pertanyaan dengan masuk akal
Â
Aspek dan indikator di atas, selanjutnya dikembangkan oleh guru dengan memilah aspek yang relevan dengan konteks materi projek. Sekor masing-masing aspek dan indikator ditentukan sebagai berikut:
(Sor 1) Belum teridentifikasi
(Sor 2) Sudah teridentifikasi
(Sor 3) Mampu menjawab beberapa pertannyaan
(Sor 4) Menunjukkan perilaku/pendapat lisan/tetulis
(Sor 5) Menunjukkan dan mengerti atas perilaku/pendapat lisan dan tertulis
H. Refleksi Program
Program Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila, merupakan program yang telah di awali dari bulan Agustus 2022 – ke tahapan yang dinamis sesuai situasi dan kondisi. Sesuai program yang telah di buat beberapa langkah yang sudah kepala sekolah sebagai pembina di sekolah adalah sebagai berikut:
Berkoordinasi dengan Korwil, Pengawas Sekolah dan Komite SD Negeri 7 Subagan dalam rangka pelaksanaan kegiatan dimaksud.
Berkoordinasi dan fasilitasi dengan kepanitiaan projek
Pembuatan rencana projek, sebagai kelanjutan dari projek P5 yang telah dilakukan, dalam bentuk penilaian P5 pada dua minggu Pekan Apresiasi Karya Siswa Inspiratif (PAKSI) perencanaan pada guru dibuat secara tertulis dan tidak tertulis
Pekan Pertama dilakukan pengulangan, penguatan dan pendalaman eksplorasi masalah, konsep dan gagasan dari siswa terhadap fenomena dan masalah di sekitar sekolah dan penyusunan rencana aksi
Rencananya Pekan Kedua pelaksanaan rencana aksi, presentasi dan refleksi, serta penilaian yang dilakukan oleh guru
Refleksi pelaksanaan pembelajaran dan projek oleh guru dan kepala sekolah
Hingga laporan ini di tulis, kegiatan P5 dalam format PAKSI sedang berlangsung, sesuai dokumentasi di bawah.
Beberapa hal yang menjadi catatan baik dalam proses pelaksanaan kegiatan dimaksud yang sudah dilaksanakan sepekan ini adalah sebagai berikut:
Siswa telah melakukan eksplorasi masalah, konsep dan gagasan atas topik dari projek yang diangkat, dengan fasiltasi guru. Kegiatan itu ada yang dilakukan di kelas, dimana guru menampilkan sumber informasi relevan terkait kegiatan tersebut. Ada juga yang melakukan eksplodasi masalah langsung ke objek permasalahan yang diangkat menjadi topi sekaligus dilakukan eksplorasi konsep secara klasikal baik di kelas maupun di luar kelas. Topik yang diangkat sebagian besar terkait Tema P5 "Gaya Hidup Berkelanjutan" yang menggunakan isu pencemaran sampah plastik yang ada di sekitar lingkungan sekolah, yang sampai mencemari air dan selokan yang kebetulan ada di depan kelas. Siswa selanjutnya diberikan pemahaman oleh guru dengan menggunakan media video yang diinteraksikan oleh guru terkait fenomena masalah sampah dan cara penanggulangannya.
Siswa telah diajak untuk merancang rencana aksi dalam rangka mengatasi masalah tersebut. Pada kegiatan ini semua siswa dilibatkan untuk aktif merancang solusi tindakan yang dapat dilakukan untuk berkontribuasi terkait permasalahan tersebut. Siswa nampak aktif dan antusias dalam merencanakan kegiatan dimana guru tampil sebagai fasilitator. Pada beberapa kelas nampak aktivitas juga sudah ada yang sampai pada pelaksanaan rencana aksi.
Beberapa hal yang perlu ditingkatkan dari kegiatan implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam bentuk Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam format Pekan Apresiasi Karya Siswa Inspiratif (PAKSI) adalah sebagai berikut:
Beberapa siswa masih nampak belum begitu antusias dalam mengikuti kegiatan, dimana walaupun tidak secara akurat, hal ini secara langsung dapat teramati oleh kepala sekolah pada saat berkeliling mengamati proses kegiatan.
Walaupun sudah berupaya maksimal, tetapi guru perlu meningkatkan atensinya pada siswa pada saat kegiatan berlangsung, agar pelaksanaan lebih maksimal lagi.
Walaupun sudah berupaya maksimal dalam proses perencanaan, tetapi guru masih menggunakan perencanaan tidak tertulis, sehingga perlu didorong untuk melakukannya pada kesempatan berikutnya.
Walau sudah sudah berupaya maksimal, koordinator projek perlu meningkatkan perannya dalam pelaksanaan kegiatan untuk mengkoordinir, karena kepala sekolah terpaksa melakukan kordinasi langsung, sambil memberi fasilitasi dan pengalaman belajar bagi guru dalam mengimplementasikan projek.
Perlunya guru sudah mempersiapkan perangkat penilaian berbasis perangkat penilaiain outentik, yang memang masih menjadi hambatan bagi guru dalam mempersiapkannya.
Tindak lanjut dari hasil refleksi pekan I dari pelaksanaan PAKSI adalah:
Guru agar lebih meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak kepada pemahaman mereka terkait projek yang mereka lakukan memang bermanfaat bagi pengembangan karakter dirinya
Guru juga agar meningkatkan aspek kebermaknaan belajar sehingga mereka mengetahui apa yang telah mereka lakukan memang berdampak bagi lingkungan, terutama dalam hal meningkatkan kesadaran akan pentingnnya kepedulian terkait sampah baik yang ada di lingkungan sekolah, rumah dan lingkungan sekitarnya.
Guru agar meningkatkan kapasitasnya dalam merencanakan projek sehingga pelaksanaan kegiatan menjadi lebih baik dan presisi dengan rencana yang telah disusun
Guru agar menjadikan penilaian projek selain untuk kepentingan dirinya untuk mendapatkan nilai UTS, juga sebagai bentuk umpan balik bagi siswa agar senantiasa terlibat aktif dalam kegiatan untuk memahami dan mampu mengimplementasikan dalam mewujudkan perannya bagi pengelolaan kegiatan yang bertujuan agar lingkungan kita bersih, bebas sampah plastik, pencemaran air, dan mendorong pemanfaatan barang bekas bagi penciptaan produk bermanfaat bagi diri dan orang lain.
I. Penutup
Melihat ide, gagasan dari pelaksanaan Pekan Apresiasi Karya Siswa Inspiratif (PAKSI) ini merupakan hal yang sangat baik dalam rangka menumbuhkan karakter peduli lingkugan pada siswa. Model pembelajaran kelasikal yang biasan dilakukan selama ini mungkin tetap bisa dilakukan untuk mendukung upaya ini, tetapi pelaksanaan Projek Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila, akan lebih berdampak dan bermakna bagi mereka. Kesadaran akan pentingnya karakter peduli lingkungan ditanamkan pada siswa, tidak selesai hanya dengan ceramah untuk memberi pemahaman kepada siswa. Kebermaknaan belajar akan lebih tinggi dan berdampak bagi mereka jika siswa melakukannya secara langsung. Sedemikian besar manfaat program ini, maka perlu mendapatkan perhatian dari kepala sekolah dalam bentuk perhatian lebih terutama dalam hal memfasilitasi dan merefleksi. Semoga refleksi pekan pertama ini dapat membantu guru dalam meningkatkan lagi pemahaman tentang pentingnya mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam upaya mengembangkan integritas siswa berdasarkan kompetensi sesuai skill Abad 21. Terimakasih.
Pedoman

JADWAL PELAJARAN
Dokumentasi
Kegiatan Guru Menyapa Siswa

Kegiatan Upacara Bendera
Kegiatan Giat kebersihan



Kegiatan Persembahyangan

Kegiatan Senam Pagi

Kegiatan Literasi & Numerasi










Kegiatan Belajar Mengajar
Kegiatan Pembelajaran Project Siswa Kelas VI Dalam Merakit Rangkaian Listrik Seri dan Paralel

Kegiatan Pembelajaran Project Siswa Kelas IV Dalam Pembuatan Montase Dengan Memanfaatkan Barang Bekas & Membuat Celengan





Refleksi Tengah Semester (19 ~ 24 September 2022)

KELAS I
KELAS II

KELAS III

KELAS IV
KELAS V

KELAS VI

Refleksi Guru Agama Hindu

Refleksi Guru PJOK