MINGGU X (3-7 OKTOBER 2022)

Laporan Minggu X (3 ~ 7 Oktober 2022)


REFLEKSI PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN

PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA

DI SD NEGERI 7 SUBAGAN

MINGGU X


A. Pengantar

Refleksi pembelajaran yang dilakukan beberapa minggu ke depan adalah fokus untuk mengoptimalkan pembelajaran khusus dari sisi perencanaan pembelajaran. Pembelajaran yang baik adalah jika telah direncanakan sebelumnya. Pembelajaran yang sangat baik adalah pembelajaran yang mampu menyadarkan siswa agar tahu apa gunanya mereka belajar. Melalui upaya itu siswa akan lebih senang belajar, karena mereka mengerti bahwa apa yang mereka pelajari itu berguna bagi hidup mereka kelak. Pembelajaran yang sempurna adalah jika apa yang direncanakan guru dalam RPP yang telah baik, memang benar-benar dapat terlaksana secara baik dalam konteks pelaksanaan pembelajaran.

Upaya menyempurnakan setiap pembelajaran agar menjadi lebih baik, tidak dapat dilakukan guru secara mandiri. Maka dari itu diperlukan kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran yang senantiasa menjadi teman belajar guru agar pembelajarna yang mereka lakukan senantiasa semakin baik ke depannya. Melihat dari hal tersebut menggambarkan bahwa yang belajar itu bukan hanya siswa, untuk menegembangkan skill dan karakter untuk persiapan mereka hidup di kemudian hari. Guru dalam hal ini harus senantiasa belajar untuk memiliki skill dan karakter positif agar mampu mewujudkan impian orang tua dan siswa terkait masa depannya.

Melalui pemahaman itu, kepala sekolah sadar hal itu tidak mudah. Maka hal kecil yang dapat dilakukan adalah melakukan refleksi terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Kesibukan buka menjadi alasan hal ini tidak dilakukan jika kita melihat tupoksi kepala sekolah itu sendiri. Logika sederhananya adalah, tugas guru adalah agar mengajar secara baik, sehingga siswanya dapat belajar secara baik pula. Maka dari itu kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran harus mampu menciptakan kondisi agar guru dapat bekerja dan senantiasa belajar menyempurnakan mutu pekerjaannya, dalam rangka melayani siswa agar belajar optimal. Beranjak dari pemikiran itu, maka kepala sekolah harus senantiasa merefleksi rencana dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru. Sebaik apa kepala sekolah mampu melakukan refleksi dan supervisi, maka sebaik itulah gurunya akan mengajar, sehingga sebik itu pula siswanya akan belajar.

B. Refleksi

  1. RPP Kelas I Ni Komang Sukerti

RPP Minggu lalu dan minggu ini dan pembelajaran yang telah dilaksanaan Ibu Ni Komang sukerti telah baik, namun perlu dilengkapi dengan evaluasi. Kompetensi yang dimuat dalam RPP terutama dalam bagian indikator telah baik menunjukkan upaya untuk mendorong anak-anak mampu menggunakan nalar berpikirnya. Melalui kesempatan ini, diharapkan anak dapat memiliki pengalaman belajar yang kontekstual. Hal yang perlu ditingkatkan dari perencanaan pembelajaran yang telah dikemukakan adalah bagaimana di bagian identitas, karkateristik siswa juga sebaiknya dilengkapi. Tetap semangat, karena hanya dengan semangat yang tinggi kita akan berhasil mewujudkan pembelajarna yang lebih baik, dan yang paling penting, setiap pembelajaran yang diselenggarakan berdampak kepada peserta didik.

  1. RPP Kelas III Ni Luh Sudiasri

RPP minggu lalu, telah dibuat dengan baik, namun masih perlu ditingkatkan, terutama di bagian awal, hendaknya dimuat tentang karakteristik siswa. Demikian pula pertanyaan pemantik ada baiknya dilengkapi. Melalui pertanyaan pemantik, kita akan dapat memberikan apersepsi secara benar, untuk mengarahkan nalar kritis anak agar berkembang. Hal lain yang perlu ditingkatkan adalah evaluasi yang direncanakan untuk dilampirkan pada RPP. Melalui lampiran rancangan evaluasi, kita senantiasa bisa berlatih tentang cara membuat soal-soal autentik yang bersifat HOTS. Upaya berkelanjutan mendorong nalar kritis anak akan berhasil jika dilaksanakan secara berkelajutan. Hal yang perlu dilengkapi dari RPP adalah evaluasi. Adapun hal-hal baik yang sudah muncul di RPP untuk tetap dilanjutkan adalah, pelaksanaan P5 yang harus dilaksanakan secara berkelanjutan, refleksi berkelanjutan, terutama yang termuat pada jurnal anak harap untuk dilanjutkan secara konsisten. Terimakasih, tetap semangat.

  1. RPP Kelas IV I Gusti Ngurah Parnama

RPP Minggu lalu telah dirancang secara baik, namun hal yang perlu ditingkatkan adalah rancangan evaluasi yang harus disertakan pada RPP. Penyertaan evaluasi dalam RPP secara berkelanjutan akan memberi keyakinan bahwa apa yang ingin dicapai sesuai dengan tujuan pembelajaran menjadi jelas. Hal lain yang perlu ditingkatkan adalah media pembelajarna yang digunakan dalam pembelajaran juga untuk dijelaskan, walaupun hal itu tidak wajin disertakan, tetapi dengan merencanakannya secara baik di awal, akan memudahkan guru dalam mengingat dan menyelenggarakan pembelajaran dengan menggunakan media tersebut. Hal yang perlu direncanakan dalam pembelajaran seminggu adalan pembelajaran berbasis projek yang belum nampak dalam perencanaan pembelajaran. Hal hal yang telah baik seperti tujuan pembelajaran dan langkah-langkah yang mengedepankan pengembangan karakter harap dilanjutkan. Terimakasih telah merencakan pembelajaran secara disiplin dan tepat waktu, semangat.

  1. RPP Kelas V Ni Putu Asriani

RPP Minggu lalu yang disajikan pada kelas V telah baik, namun perlu penyempurnaan dalam hal, di bagian awal hendaknya disertakan karakteristik siswa di kelas, pertanyaan pemantik, media dan strategi pembelajaran yang direncanakan akan digunakan. Tujuan pembelajaran hendaknya memuat kata operasional yang levelnya agak tinggi untuk mengantarkan guru selalu mengupayakan siswa mengembangkan nalar kritisnya secara berkelanjutan. Tujuan pembelajaran juga dibiasakan memuat komponen ABCD secara berkelanjutan. Pengambangan pembelajaran dengan model projek dalam satu minggu mohon sempatkan untuk dilaksnakan, karena hal ini penting. Apalagi dalam pembelajaran tersebut, nampak ada kegiatan pembelajaran tentang sistem pencernaan hewan dan manusia. Penggunaan media pembelajaran baik video, maupun alat peraga lainnya agar senantiasa dilakukan. Soal evaluasi dalam setiap RPP hendaknya disertakan, sehingga guru memiliki gambaran untuk mengoptimalkan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Hal yang telah baik, seperti kegiatan refleksi melalui jurnal anak harap dilanjutkan, untuk menjamin terciptanya pengembangan karakter, tidak hanya di sekolah tetapi di rumah.

  1. RPP Kelas VI Ni Nengah Tunjung

RPP Minggu lalu dari Ibu Ni Nengah Tunjung telah disusun secara disiplin dan baik. Hal-hal baik dari RPP yang telah dimuat adalah, tujuan pembelajaran telah memuat ABCD secara lengakap dan berkelanjutan. RPP telah memuat pertanyaan pemantik, model evaluasi yang akan digunakan, strategi pengembangan karakter melalui jurnal. Hal-hal yang perlu ditingkatkan dari RPP tersebut adalah penggunaan media konkret harus direncanakan, terutama hal menyangkut listrik. Hal lain yang perlu ditingkatkan adalah penyelenggaraan P5 yang hendaknya dimuat di RPP, walaupun belum dibuat modulnya. RPP telah disajikan dengan baik, lanjutkan yang baik dan sempurnakan yang belu, terimakasih dan tetap semangat.

  1. RPP Mapel Agama Hindu Kelas I, II dan III Ni Nengah Suartini

RPP minggu lalu telah disusun dengan baik. Untuk menjamin pelaksanaannya optimal, hendaknya dilaksanakan sesuai dengan RPP. Rencana pembelajarna yang dibuat akan lebih baik lagi, dioptimalkan dengan lebih mengajak siswa belajar dengan media konkret, sehingga anak memperoleh pengalaman belajar yang bermakna. Siswa kelas I bisa diajak berkeliling untuk memahami mahklu-mahlu ciptaan Tuhan dan kita sebagai mahkluk hidup selalu tergantung dari keberadaan mahklu lain termasuk mahkluk benda mati di sekitar sekolah. Untuk kelas II, siswa dapat diajak ke lingkungan sekitar sekolah melihat pencemaran dan mengajak mereka mengadakan kegiatan kebersihan, terkait dengan kosep Tri Mala, (leteh). Sehingga dampak yang dirasakan, akibat mereka memahami Tri Mala mereka memiliki sikap peduli dengan lingkugan, Termasuk kotor (leteh) dalam diri yang dapat ditekankan pada kebersihan diri dan kepedulian menjaga kebersihan diri agar tetap dapat hisup sehat. Leteh atau kekotoran dapat juga dikaitkan dengan pikiran, ucapan dan tindakan kita setiap saat. Melalui pembelajaran tentang leteh ini anak akan terhindar dari pemikiran kotor, perkataan kasar dan buruk dan tindakan tidak baik yang merugikan diri dan lingkugan sekitar. RPP kelas IV, saat langkah-langkah pembelajaran mengenai mengenal karakter tokoh-tokoh dalam Ramayana dan Mahabarata, semestinya dapat dijadikan rujukan dari karakter orang seprti yang ada dalam tokoh tersebut. Meneladani tokoh baik adalah tujuan kita, sehingga guru dalam menyajikan pembelajaran agar pembelajaran lebih bermakna dapat dilakukan penugasan mengadakan simulasi atau bermain peran. Pada saat penggalian informasi, siswa dapat didorong untuk mencari sendiri (inquiri) dan menenukan sendiri karakter tokoh-tokoh tersebut yang dapat disinkronkan dengan kegiatan literasi. Terimakasih, RPP telah secara disiplin dibuat setiap minggu, karena hanya dengan merencanakan pembelajaran secara berkelanjutan proses pembelajaran akan berjalan dengan baik. Tetap semangat.

  1. RPP Guru PJOK, I Gusti Putu Purna

RPP minggu lalu telah dirancang dengan baik dan disiplin. Hal-hal baik yang telah nampak dalam RPP adalah bagaimana guru telah mengemukakan tujuan pembelajaran dengan benar dan sesuai ABCD. Hal yang perlu ditingkatkan dari RPP yang telah dirancang adalah, guru hendaknya melampirkan evaluasi setiap kegiatan pembelajaran, walaupun satu baris pertanyaan, atau hal yang dinilai sepreti unjuk kerja tertentu yang ditugaskan kepada mereka. Pertanyaan pemantik telah dimuat, dan baik, akan lebih sempurna jika diajukan pertanyaan untuk menggali informasi untuk memenuhi rasa ingin tahu mereka tentang pentingnya gerakan olah raga tertentu dilakukan sehingga anak akan mengerti untuk apa mereka melakukan itu. Hal yang lebih penting dari pembelajaran adalah agar anak tahu untuk apa mereka belajar itu, sehingga mereka merasakan dan memahami tujuan pembelajaran. Melalui hal itu, mereka akan lebih senang belajar, karena bermanfaat baginya kelak. Demikian refleksi untuk guru PJOK ini dilakukan agar dilanjutkan dan tetap semangat. Terimakasih.


B. Kesimpulan

Melihat dari perencanaan pembelajarna yang dbuat guru minggu lalu yang dilaksankan minggu ini, dan RPP minggu ini untuk pembelajaran minggu depan dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Secara umum rencana pembelajaran minggu lalu dan ini, telah baik terutama dari sisi kedisiplinan guru dalam merencanakan pembelajaran yang akan mereka selenggarakan

  2. Secara umum RPP guru, telah memuat hal-hal pokok yang menjadi syarat sebuah RPP, tetapi beberapa masih belum melengkapinya terutama pada bagian evaluasi. Pentingnya guru melengkapi RPP dengan evaluasi, untuk memberi gambaran langkah jelas, ketika guru melaksanakan pembelajaran agar tetap fokus pada tujuan.

  3. Hal-hal lain yang perlu disempurnakan adalah agar guru menyadari kewajibannya dalam merencanakan RPP setiap saat, mengingat pentingnya tahapan ini sebelum guru melaksanakan pembelajaran. Keberhasilan guru dalam melaksanakan pembelajaran sangat tergantung dari bagaimana mereka merencanakan pembelajaran.




Dokumentasi

Kegiatan Guru Menyapa Siswa

Kegiatan Upacara Bendera

Kegiatan Giat kebersihan

Video - Google Foto_4.mp4
Video - Google Foto.mp4
Video - Google Foto_2.mp4

Kegiatan Persembahyangan

WhatsApp Video 2022-09-21 at 08.19.28 (1).mp4

Kegiatan Belajar Mengajar

WhatsApp Video 2022-09-21 at 08.19.28 (2).mp4
WhatsApp Video 2022-09-21 at 08.19.28.mp4

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Minggu XI (10 ~ 15 Oktober 2022)

RPP MINGGU 11 KELAS 1.docx

KELAS I

KELAS II

RPP MINGGUAN PERTEMUAN 11 KELAS 3.docx

KELAS III

RPP MINGGU 11 KELAS 4.docx

KELAS IV

RPP Kelas 5 Tema 3.2 MG ke 11.doc

KELAS V

RPP MINGGU 11 KELAS 6.docx

KELAS VI

RPP AGAMA HINDU & BUDI PEKERTI

PERTEMUAN 11 RPP KELAS 1.docx

Kelas I

PERTEMUAN 11 RPP KELAS 2.docx

Kelas II

PERTEMUAN 11 RPP KELAS 3.docx

Kelas III

PERTEMUAN 11 RPP KELAS 4.docx

Kelas IV

PERTEMUAN 11 RPP KELAS 5.docx

Kelas V

PERTEMUAN 11 RPP KELAS 6.docx

Kelas VI

RPP PJOK

RPP MINGGU XI KELAS 1 pjok.docx

Kelas I

RPP MINGGU XI KELAS 2 pjok - Copy (3).docx

Kelas II

RPP MINGGU XI KELAS 3 pjok - Copy (4).docx

Kelas III

RPP MINGGU XI KELAS 4 pjok.docx

Kelas IV

RPP MINGGU XI KELAS 5 pjok - Copy.docx

Kelas V

RPP MINGGU XI KELAS 6 pjok - Copy (2).docx

Kelas VI