MINGGU XIV (31 OKT-05 NOP 2022)
REFLEKSI PERENCANAAN DAN PELAKSANAANÂ
PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKAÂ
DI SD NEGERI 7 SUBAGAN
MINGGU XIV
A. Pengantar
Sesuai dengan program ANBK, yang diawali dengan kegiatan simulasi, gladi dan ANBK akan dilaksanakan mulai tanggal 31 Oktober 2022 minggu depan. Pelaksanaan gladi cukup lancar, seluruh peserta hadir dalam gladi ANBK literasi maupun numerasi. Walaupun sempat beberapa kali eror sitem namun setelah koordinasi dengan admin ANBK kabupaten semua dapat terasi dengan baik. Melalui arahan saat simulasi oleh guru, semua siswa dapat menyesaikan instrumen dengan tepat waktu.
Kondisi di atas dapat terjadi karena peserta didik telah dilatih dan dapat menggunakan perangkat komputer untuk menjawab soal-soal ANBK yang terdiri dari Soal Literasi, Soal Numerasi, Karekter dan Survey Lingkungan Belajar. Dalam rangka refleksi ANBK yang dilaksankaan minggu depan kepada siswa, maka berikut dirancang pertanyaan refleksi ANBK sebagai berikut:
Bagaimana perasaan kamu setelah mengerjakan soal-soal literasi, numerasi, survey karakter dan survey lingkungan belajar?
Hal menarik apa yang telah kamu sukai ketika mengerjakan soal literasi?
Hal apa yang masih perlu kamu perlu tingkatkan agar dapat menjawab soal literasi?
Hal menarik apa yang kamu sukai ketika mengerjakan soal numerasi?
Hal apa yang masih perlu kamu tingkatkan agar dapat menjawab soal numerasi?
Hal menarik apa yang kamu sukai ketika mengerjakan survey karakter?
Hal apa yang akan kamu lakukan agar meningkatkan pencapaian karaktermu?
Hal menarik apa yang kamu sukai ketika mengerjakan survey lingkungan belajar?
Hal apa yang akan kamu tingkatkan agar relevan dengan survey lingkungan belajar tersebut?
Bagaimana pendapatmu tentang ketersediaan sarana prasarana ketika ANBK?
Hal apa yang perlu ditingkatkan dari proses pelaksanaan ANBK?
Apa harapan kamu terhadap sekolah untuk mempertahankan dan meningkatkan capaianmu?
Pertanyaan di atas, akan disajikan melalui angket pda link Google Form yang disebarkan kepada siswa. Hal ini akan direfleksikan oleh sekolah sebagai bahan evaluasi sehingga sekolah dan guru dapat merancang pembelajaran yang lebih baik lagi dalam upaya meningkatkan capaian ANBK di masa yang akan datang.
Selain siswa, keseluruhan guru juga akan melakukan refleksi terkait persiapan, pelaksanaan dan assesemen pembelajaran yang dilakukan selama ini telah mendukung upaya peningkatan capaian siswa dalam hal literasi, numerasi, karakter dan lingkungan belajar di sekolah. Pertanyaan yang akan diajukan pada link Google Form tersebut adalah sebagai berikut:
Sejauhmana Anda memahami hubungan antara rapor pendidikan dengan capaian ANBK?
Bagaimana capaian literasi, numerasi, karakter dan lingkungan belajar di sekolah Anda?
Upaya apa yang sudah Anda lakukan untuk meningkatkan capaian-capaian yang masih kurang dalam rapor pendidikan di sekolah Anda?
Bagaimana Anda mendukung upaya meningkatkan capaian ANBK pada persiapan pembelajaran yang anda rencanakan?
Bagaimana Anda mendukung upaya meningkatkan capaian ANBK pada pelaksanaan pembelajaran di kelas?
Bagaimana Anda mendukung capaian ANBK pada pelaksanaan assesemen pembelajaran di kelas Anda?
Bagaimana Anda mengembangkan refleksi pembelajaran dalam meningkatkan upaya perbaikan kualitas RPP dan pelaksanaan pembelajaran?
Bagaimana Anda mengembangkan kegiatan literasi di kelas, agar mampu mengembangkan skill Abad 21?
Bagaimana Anda mengembangkan kegiatan numerasi di kelas, agar mampu mengembangkan skill Abad 21?
Bagaimana Anda turut berkontribusi dalam pengembangan karakter Profil Pelajar Pancasila di sekolah Anda?
Bagaimana Anda ikut andil dalam upaya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan berpusat pada peserta didik?
Hal menarik apa yang anda alami ketika pelaksanan ANBK di sekolah Anda?
Hal apa yang perlu ditingkatkan dari proses ANBK tahun ini?
Apa harapan Anda dari kegiatan ANBK selanjutnya?
Dukungan apa yang Anda perlukan untuk meningkatkan capaian rapor pendidikan melalui kegiatan ANBK?
Apa rencana Anda ke depan untuk meningkatkan capaian ANBK di sekolah Anda?
Panduan pertanyaan refleksi ANBK tersebut selanjutnya menjadi suatu cara dalam meningkatkan upaya guru dalam mengelola pembelajaran yang dilaksanakan. Melalui refleksi tersebut, guru akan kembali kepada kesadaran tentang pentingnya membuat pembelajaran yang nantinya dapat berdampak pada peserta didik dalam peningkatan capaian aspek literasi, numerasi, karakter dan lingkungan belajar. Melalui upaya ini akan berdampak bagi pengembangan inovasi-inovasi guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang berbasis pada penyelenggaraan pembelajaran yang berpusat dan berdampak pada peserta didik. Maka akan tercipta suasana belajar yang mengedepankan prinsip-prinsip diferensiasi pembelajaran sebagai aspek penting dari merdeka belajar.
C. Refleksi
Dokumentasi
Kegiatan Persembahyangan
Kegiatan Literasi & Numerasi
Kegiatan Belajar Mengajar


Kegiatan ANBK Tahun 2022
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Minggu XV (07 ~ 12 Nopember 2022)

Kelas I
Kelas II

Kelas III

Kelas IV

Kelas V

Kelas VI
RPP AGAMA HINDU & BUDI PEKERTI

Kelas I

Kelas II

Kelas III

Kelas IV

Kelas V

Kelas VI
RPP PJOK

Kelas I

Kelas II

Kelas III

Kelas IV

Kelas V
