MINGGU IV

(31 JANUARI -

05 PEBRUARI2022)

Laporan Minggu IV (31 Januari~ 05 Pebruari 2022)

Pengantar


STRATEGI ADAPTASI TATAP MUKA KE PEMBELAJARAN DARING

Pendahuluan

Kegiatan PTM yang sempat di buka oleh pemerintah sejak akhir Semester I sampai awal Semester II Tahun Pelajaran 2021/2022 akhirnya dihentikan kembali. Terhitung sejak Hari Jumat, 4 Pebruasi 2022 PTM di sekolah kembali di hentikan, untuk dilanjutkan dengan kegiatan belajar dari rumah atau pembelajaran jarak jauh. Berdasarkan SE Mendikbudresdikti No 22 Tahun 2022 tentang Diskresi SKB 4 Menteri tentang Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19, Instruksi Bapak Gubernur Bali, Instruksi Satgas Covid Kabupaten Karangasem yang diteruskan oleh Instruksi Bapak Kepala Disdikpora Kabupaten Karangsem pada tanggal 3 Pebruari 2022.

Kegiatan pembelajaran yang kembali dilaksanakan dengan metode belajar jarak jauh di SD Negeri 7 Subagan melalui Google Classroom, Whatsapp Group, Pengumpulan Tugas ke Sekolah, Pembimbingan Individu dan Kunjungan Rumah. Walaupun pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh, tetapi diupayakan tetap mengacu pada pemenuhan beban belajar seperti Kurikulum SD Negeri 7 Subagan. Anak-anak kelas I dan II durasi waktu belajarnya adalah berkisar dari 5 – 6 Jp (30 Menit), sementara untuk anak kelas III, IV, V dan VI dengna durasi waktu belajar 5 – 7 Jp (@35 Menit).

Komposisi pelaksanaan pembelajaran tetap dilakukan dengan lebih mengedepankan strategi pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan karakter anak. Walaupun kurikulum belum sepenuhnya menganut Kurikulum Paradigma Baru, tetapi secara esensi tetap memberi keleluasaan bagi guru dalam mengalokasikan beban waktu belajar dalam 1 minggu. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan untuk mewujudkan hal di atas yaitu:

  1. Strategi pengembangan karakter melalui kegiatan pagi menyapa, dengan pesan-pesan untuk mengikuti alur kegiatan pembiasaan pagi di rumah yaitu, bangun pagi, merapikan tepat tidur, membantu membersihkan ruman dan lingkungan rumah, peduli dengan kesehatan dan kebersihan diri seperti mandi, sarapan dan berpakaian rapi dan berdoa.

  2. Strategi pengembangan karakter melalui pengendalian kegiatan penggunaan gadget atau hp yaitu melalui pesan, membaca literasi tentang manfaat dan kerugian dari penggunaan gadget melalui pembuatan komitmen diri yang ditempel di kamar rumah yang didokumentasikan melalui foto dan di catat pada jurnal harian

  3. Strategi pengembangan karakter untuk mengembangkan skill Abad 21 sesuai Profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan belajar berbasis Projec Base Learning yang melibatkan orang yang ada di rumah dan orang tua siswa.

  4. Strategi pengembangan karakter melalui penulisan jurnal harian, untuk mengembangkan sikap jujur, disiplin dan konsisten pada siswa yang di tanda tangani orang tua.

  5. Strategi pengembangan karakter melalui kegiatan refleksi pada akhir kegiatan belajar yang bermanfaat bagi upaya melihat kemajuan diri dalam belajar untuk mendukung pengembangan sikap percaya diri

  6. Strategi pengembangan karakter melalui kegiatan literasi berkelanjutan untuk mengembangkan rasa ingin tahu siswa sehingga turut mendukung skill Abad 21 menuju Profil Pelajar Pancasila.

Berbagai strategi yang direncanakan dapat tercermin dari perubahan perilaku sebagai capaian belajar siswa dapat diwujudkan melalui peran kepala sekolah dan guru secara serius dan konsisten. Salah satu strategi yang dilakukan kepala seklah untuk menuju hal tersebut adalah melalui kegiatan Superfleksibel (Supervisi Refleksi Pembelajaran). Rangkaian kegiatan Superfeksibel yang dilakukan untuk menjamin tercapainya strategi yang dilakukan guru seperti 6 (enam) point hal yang harus dilakukan guru berlandaskan pada prinsip serius dan konsisten yaitu:

1. Serius artinya, suatu kesesuaian antara apa yang terjadi sesuai dengan apa yang seharusnya terjadi. Pemikiran dimaksud mengacu pada sikap guru dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran secara kontekstual dan bermakna. Kontekstual berarti ada dan terjadi pada lingkungan sekita kita. Sementara bermakna mengacu pada kebermanfaatan proses dan hasil belajar untuk mengubah perlaku siswa agar sesuai dan berguna dalam menunjang kualitas hidup siswa di masa yang akan datang.

2. Konsisten artinya, suatu sikap yang stabil dan memberi kepastian bagi siswa terkait keberlanjutan setiap program pembelajaran yang dilaksanakan dan guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran, melaksanakan, mengevaluasi dan melaksanakan pembelajaran

Laporan lengkap di akhir halaman


Tunjukkan kelebihannya, dan kekurangannya akan hilang dengan sendirinya

Bukan ketegasan yang terpenting, tetapi serius dan konsisten

Pedoman

SALINAN SKB 4 MENTERI 21DES2021.pdf

Salinan SKB 4 Menteri

Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019

Materi_Kemendikbudristek_-_Penyesuaian_Kebijakan_PTMT_SKB_4_Menteri.pdf

Penyesuaian SKB 4 Menteri tentang

Panduan Pembelajaran di masa

Pandemi Covid-19

PENGUMUMAN PTM KE PJJ.pdf

Pengumuman

Pelaksanaan Pembelajaran Diskresi PTM ke PJJ di SD Negeri 7 Subagan

Panduan Karangasem.pdf

Surat Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan & Olahraga Kab. Karangasem

Tentang Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19

Dokumentasi

WhatsApp Video 2022-02-05 at 08.54.38.mp4
WhatsApp Video 2022-02-05 at 09.21.40 (1).mp4
WhatsApp Video 2022-02-05 at 09.21.40.mp4
WhatsApp Video 2022-02-05 at 09.21.41.mp4
WhatsApp Video 2022-02-05 at 09.21.41 (1).mp4
WhatsApp Video 2022-02-05 at 09.21.40 (2).mp4

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Minggu V (07 ~ 12 Pebruari 2022)

MINGGU 5.pdf

RPP KELAS I

RPP ASRI MINGGU 5.docx

RPP KELAS II

RPP MINGGUAN 5 KLS 3.docx

RPP KELAS III

RPP Minggu V Kelas 4 smt 2.docx

RPP KELAS IV

RPP MINGGUAN 5 KLS 5.docx

RPP KELAS V

RPP PERTEMUAN 5.docx

RPP KELAS VI

RPP MAPEL AGAMA HINDU

RPP KELAS I MINGGU KE- V AGAMA HINDU.docx

RPP KELAS I

RPP KELAS 2 AGAMA HINDU MINGGU I.docx

RPP KELAS II

Perbaikan RPP KELAS 3 MINGGU KE-V AGAMA HINDU.docx

RPP KELAS III

RPP Daring kls 4,pertemuan ke 5.docx

RPP KELAS IV

Perbaikan RPP Daring kls 5 ,pertemuan ke 5.docx

RPP KELAS V

RPP kelas 6 semester 2 pertemuan ke 5.docx

RPP KELAS VI

RPP MAPEL PJOK

RPP Daring Minggu V KLS 1.docx

RPP KELAS I

RPP Daring Minggu V KLS 2.docx

RPP KELAS II

RPP Daring Minggu V KLS 3.docx

RPP KELAS III

RPP Daring Minggu V KLS 4.docx

RPP KELAS IV

RPP Daring Minggu V KLS 5.docx

RPP KELAS V

RPP Daring Minggu V KLS 6.docx

RPP KELAS VI

Refleksi

Refleksi Minggu IV.pdf