MINGGU VI

14 -19 PEBRUARI2022

Laporan Minggu VI (14~ 19 Pebruari 2022)

Pengantar

Project Penguatan Karakter Berbasis Profil Pelajar Pancasila

(Refleksi Minggu VI ~ SD Negeri 7 Subagan)

Pendahuluan

Kebijakan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi perihal Kurikulum Merdeka seperti tertuang dalam Kepmendikbudristek Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, telah memuat kebijakan penerapan Project Penguatan Profil pelajar Pancasila di Pendidikan Dasar dan Menengah, (Kempendibudristek, 2022 ; 65). Jenjang pendidikan dasar dan menengah dapat mengambil alokasi waktu 20-30% dari total jam pelajaran dalam setahun, harus mengimplementasikan Project Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila. Dalam keputusan itu dimuat bahwa pelaksanaan Project Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila dilakukan dengan fleksibel, yang dikelola sesuai karakteristik materi, tema/topik yang akan dikembangkan, dari sisi waktu, teknik, metodik dan urutan.

Berikut topik-topik yang dapat dipilih oleh satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila melalui strategi Project Base Learning, sebagai berikut:

1. Gaya Hidup Berkelanjutan.

  • Peserta didik memahami dampak aktivitas manusia, baik jangka pendek maupun panjang terhadap kelangsungan kehidupan di dunia maupun lingkungan sekitarnya

  • Peserta didik membangun kesadaran untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan, mempelajari potensi krisis keberlanjutan yang terjadi di lingkungan sekitarnya serta mengembangkan kesiapan untuk menghadapi dan memitigasinya

2. Kearifan Lokal

  • Peserta didik membangun rasa ingin tahu dan kemampuan inkuiri melalui eksplorasi budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitar atau daerah tersebut, serta perkembangannya.

  • Peserta didik mempelajari bagaimana dan mengapa masyarakat lokal/daerah berkembang seperti yang ada, konsep dan nilai-nilai dibalik kesenian dan tradisi lokal

  • Peserta didik merefleksikan nilai-nilai apa yang dapat diambil dan diterapkan dalam kehidupan mereka

3. Bhineka Tunggal Ika

  • Peserta didik mengenal dan mempromosikan budaya perdamaian dan anti kekerasan, belajar membangun dialog penuh hormat tentang keberagaman serta nilai-nilai ajaran yang dianutnya

  • Peserta didik juga mempelajari perspektif berbagai agama dan kepercayaan, serta kritis dan reflektif menelaah berbagai stereotip negatif dan dampaknya terhadap konflik dan kekerasan

4. Bangunlah Jiwa dan Raganya

  • Peserta didik membangun kesadaran dan keterampilan memelihara kesehatan fisik dan mental, baik untuk dirinya maupun orang sekitarnya

  • Peserta didik melakukan penelitian dan mendiskusikan masalah-masalah terkait kesejahteraan diri (wellbeing). Perundungan (bullying) serta berupa mencari jalan keluarnya.

  • Peserta didik menelaah masalah-masalah yang berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan fisik dan mental termasuk isu narkoba, pornografi dan kesehatan reproduksi

5. Suara Demokrasi

  • Peserta didik menggunakan kemampuan berpikir sistem, menjelaskan keterkaitan antara peran individu terhadap kelangsungan demokrasi Pancasila.

  • Peserta didik dapat merefleksikan makna demokrasi dan memahami implementasi demokrasi serta tantangannya dalam konteks yang berbeda, termasuk dalam organisasi sekolah dan/atau dunia kerja

6. Rekayasa dan Teknologi

  • Peserta didik melatih daya pikir kritis, kreatif, inovatif dan sekaligus berempati untuk merekayasa membangun produk berteknologi yang memudahkan kegiatan diri dan sekitarnya.

  • Peserta didik dapat membangun budaya smart society dengan menyelesaikan persoalan-persoalan di masyarakat sekitarnya, melalui penerapan inovasi dan teknologi, mensinergikan aspek sosial dan teknologi.

7. Kewirausahaan

  • Peserta didik mengidentifikasi potensi ekonomi d tingkat lokal dan masalah yang ada dalam pengembangan potensi tersebut, serta keterkaitannya dengan aspek lingkungan, sosial dan kesejahteraan masyarakat

  • Menumbuhkembangkan kreativitas dan budaya kewirausahaan

  • Membuka wawasan peluang masa depan, peka akan kebutuhan masyarakat, menjadi problem solver yang terampil, serta siap menjadi tenaga profesional penuh integritas.

8. Kebekerjaan

  • Peserta didik menghubungkan berbagai pengetahuan yang telah dipahami dengan pengalaman nyata di keseharian dunia kerja

  • Peserta didik membangun pemahaman ketenagakerjaan, peluang kerja, serta kesiapan kerja untuk meningkatkan kapabilitas yang sesuai dengan keahliannya, mengacu pada kebutuhan dunia kerja terkini

  • Peserta didik mengasah kesadaran sikap dan perilaku sesuai dengan standar yang dibutuhkan dalam dunia kerja

Upaya mewujudkan idealisme pendidikan tersebut, memberikan kesempatan kepada sekolah yang seluas-luasnya, untuk mengambil inisiatif dalam rangka mengadopsi prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka yang disesuaikan dengan kondisi sekola. Opsi yang dimungkinkan berdasarkan Kepmendikbudristek adalah:

1. Menerapkan beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka, tanpa mengganti Kurikulum Satuan Pendidikan.

2. Menerapkan Kurikulum Merdeka berdasarkan perangkat ajar yang telah disediakan

pemerintah

3. Menerapkan Kurikulum Merdeka dengan pengembangan berbagai perangkat ajar oleh satuan pendidikan.

Sekolah yang berminat melaksanakan Kurikulum Merdeka dalam upaya mengadopsinya akan mendapat pendampingan dan evaluasi yang akan dilakukan oleh Kemenag, Dinas Pendidikan, Komite Satuan Pendidikan, Dewan Pendidikan dan Masyarakat, terkait:

1. Struktur Kurikulum

2. Capaian Pembelajaran

3. Pembelajaran dan Assesmen

4. Penggunaan Perangkat Ajar

5. Kurikulum Operasional Pendidikan

SD Negeri 7 Subagan dalam ikut berperan serta mewujudkan pendidikan yang bermutu, berkewajiban untuk mengadopsi salah satu opsi yang ditawarkan. Upaya yang telah dilakukan oleh Kepala Sekolah dan Guru di SD Negeri 7 Subagan dalam rangka mengimplementasikan Project Penguatan Karakter, yang dideskripsikan secara detail pada Laporan Refleksi Minggu VI pada uraian berikutnya.


Besambung di bawah...


Tunjukkan kelebihannya, dan kekurangannya akan hilang dengan sendirinya

Bukan ketegasan yang terpenting, tetapi serius dan konsisten

Pedoman

SALINAN SKB 4 MENTERI 21DES2021.pdf

Salinan SKB 4 Menteri

Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019

Materi_Kemendikbudristek_-_Penyesuaian_Kebijakan_PTMT_SKB_4_Menteri.pdf

Penyesuaian SKB 4 Menteri tentang

Panduan Pembelajaran di masa

Pandemi Covid-19

PENGUMUMAN PTM KE PJJ.pdf

Pengumuman

Pelaksanaan Pembelajaran Diskresi PTM ke PJJ di SD Negeri 7 Subagan

Panduan Karangasem.pdf

Surat Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan & Olahraga Kab. Karangasem

Tentang Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19

Dokumentasi

Kunjungan Ke Rumah Siswa Kelas VI Oleh Guru Wali Bapak Kepsek,Guru Mapel PJOK & Guru Mapel Agama Hindu

Hari/Tanggal : Sabtu/19 Pebruari 2022

WhatsApp Video 2022-02-19 at 08.50.47.mp4
WhatsApp Video 2022-02-18 at 20.45.52.mp4
WhatsApp Video 2022-02-18 at 18.25.56.mp4
WhatsApp Video 2022-02-18 at 20.46.13.mp4
WhatsApp Video 2022-02-18 at 20.44.44.mp4
WhatsApp Video 2022-02-18 at 20.36.22.mp4
WhatsApp Video 2022-02-18 at 11.49.56.mp4
WhatsApp Video 2022-02-18 at 11.49.55.mp4
WhatsApp Video 2022-02-18 at 18.44.27 (1).mp4
WhatsApp Video 2022-02-18 at 18.56.59.mp4
WhatsApp Video 2022-02-18 at 18.56.35.mp4
WhatsApp Video 2022-02-18 at 18.44.27.mp4
WhatsApp Video 2022-02-18 at 15.33.35.mp4

Kreativitas Siswa Kelas III dalam membuat jam dinding dari karus dan baling-baling dari kertas origami

WhatsApp Video 2022-02-17 at 17.09.16.mp4
WhatsApp Video 2022-02-17 at 16.00.57.mp4
WhatsApp Video 2022-02-17 at 15.59.38.mp4
WhatsApp Video 2022-02-17 at 17.59.38.mp4
WhatsApp Video 2022-02-17 at 18.30.30.mp4
WhatsApp Video 2022-02-17 at 18.30.31.mp4
WhatsApp Video 2022-02-17 at 19.21.25.mp4
WhatsApp Video 2022-02-17 at 19.21.26.mp4
WhatsApp Video 2022-02-17 at 20.27.24.mp4
WhatsApp Video 2022-02-17 at 20.26.29.mp4
WhatsApp Video 2022-02-17 at 20.07.49.mp4
WhatsApp Video 2022-02-17 at 08.49.36.mp4
WhatsApp Video 2022-02-17 at 08.47.11.mp4
WhatsApp Video 2022-02-17 at 09.11.10.mp4
WhatsApp Video 2022-02-17 at 10.03.51.mp4
WhatsApp Video 2022-02-17 at 08.23.46.mp4
WhatsApp Video 2022-02-16 at 16.57.59.mp4
WhatsApp Video 2022-02-16 at 20.33.04.mp4
WhatsApp Video 2022-02-16 at 19.38.22.mp4
WhatsApp Video 2022-02-16 at 20.33.05.mp4
WhatsApp Video 2022-02-16 at 21.26.52.mp4
WhatsApp Video 2022-02-16 at 19.36.21.mp4
WhatsApp Video 2022-02-16 at 19.38.22 (1).mp4
WhatsApp Video 2022-02-17 at 10.03.51.mp4
WhatsApp Video 2022-02-16 at 16.29.56.mp4
WhatsApp Video 2022-02-17 at 08.49.36.mp4
WhatsApp Video 2022-02-16 at 21.39.10.mp4
WhatsApp Video 2022-02-16 at 17.04.27.mp4
WhatsApp Video 2022-02-17 at 09.11.10.mp4
WhatsApp Video 2022-02-17 at 08.46.06.mp4
WhatsApp Video 2022-02-17 at 08.47.11.mp4
WhatsApp Video 2022-02-16 at 13.27.09.mp4
WhatsApp Video 2022-02-16 at 13.03.40.mp4
WhatsApp Video 2022-02-16 at 18.59.17 (1).mp4
WhatsApp Video 2022-02-16 at 17.30.47.mp4
WhatsApp Video 2022-02-18 at 18.21.13.mp4
WhatsApp Video 2022-02-18 at 18.50.54.mp4
WhatsApp Video 2022-02-18 at 20.40.17.mp4

Kunjungan Ke Rumah Siswa Kelas V Oleh Guru Wali,Guru Mapel PJOK & Guru Mapel Agama Hindu

Hari/Tanggal : Kamis/17 Pebruari 2022

Kunjungan Ke Rumah Siswa Kelas IV Oleh Guru Wali dan Guru Mapel PJOK

Hari/Tanggal : Rabu/16 Pebruari 2022

WhatsApp Video 2022-02-14 at 08.35.53.mp4
WhatsApp Video 2022-02-14 at 21.41.56.mp4
WhatsApp Video 2022-02-14 at 21.46.02.mp4

Kunjungan Ke Rumah Siswa Kelas III Oleh Guru Wali dan Guru Mapel Agama Hindu

Hari/Tanggal : Selasa/15 Pebruari 2022

Pembagian Obat Cacing

Hari/Tanggal : Senin/14 Pebruari 2022

Pembinaan nyurat aksara Bali

Hari/Tanggal : Senin/14 Pebruari 2022

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Minggu VII (21 ~ 26 Pebruari 2022)

minggu 7.pdf

RPP KELAS I

RPP ASRI MINGGU 7.docx

RPP KELAS II

RPP MINGGUAN 7 KLS 3.docx

RPP KELAS III

RPP MINGGUAN VII Kls 4 daring smt 2.docx

RPP KELAS IV

RPP MINGGUAN 7 KLS 5.docx

RPP KELAS V

RPP PERTEMUAN 7.docx

RPP KELAS VI

RPP MAPEL AGAMA HINDU

RPP KELAS 1 MINGGU KE 7 AGAMA HINDU - Copy.docx

RPP KELAS I

RPP KELAS 2 AGAMA HINDU MINGGU I.docx

RPP KELAS II

RPP KELAS 3 MINGGU KE 7 AGAMA HINDU 2.docx

RPP KELAS III

RPP Daring semester 2 kls 4 ,pertemuan ke 7.docx

RPP KELAS IV

RPP DARING SEMESTER 2 KELAS 5 PERTEMUAN KE 7.docx

RPP KELAS V

RPP DARING SEMESTER 2 kelas 6 pertemuan ke 7.docx

RPP KELAS VI

RPP MAPEL PJOK

RPP Daring Minggu VII & VIII KLS 1.docx

RPP KELAS I

RPP Daring Minggu VII & VIII KLS 2.docx

RPP KELAS II

RPP Daring Minggu VII & VIII KLS 3.docx

RPP KELAS III

RPP Daring Minggu VII & VIII KLS 4.docx

RPP KELAS IV

RPP Daring Minggu VII & VIII KLS 5.docx

RPP KELAS V

RPP Daring Minggu VII & VIII KLS 6.docx

RPP KELAS VI

Refleksi

Refleksi Minggu VI (1).docx