MINGGU VII
21 -26 PEBRUARI2022
Laporan Minggu VII (21~ 26 Pebruari 2022)
Pengantar
Project Penguatan Karakter
Kolaborasi Guru Kelas dan Mapel serta Orang Tua
SD Negeri 7 Subagan ~Refleksi Minggu VII
Pendahuluan
Capaian belajar siswa sesuai paradigma pendidikan masa kini bukan lagi hanya terkait dengan sikap pengetahuan dan keterampilan yang disajikan secara terpisah baik pada ranah persiapan pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi. maka dari itu pemerintah mengeluarkan kebijakan khusus terkait hal ini disinergikan dengan bagaimana mengantisipasi Learning Loss yang dikhawatirkan berdampak luas sehingga merugikan kepentingan anak untuk memiliki kesempatan belajar lebih baik. Maka dari itu pemerintah mengeluarkan kebijakan pengembangan Kurikulum Merdeka yang bertujuan untuk memberi kesempatan kepada siswa dapat berkembang secara utuh melalui pembelajaran yang memerdekakan.
Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi dalam upaya memajukan pendidikan di Indonesia telah mengeluarkan Kepmendikbudritek No 56/M/2022, yang point pentingnya adalah Project Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila dapat diimplementasikan secara nyata pada kegiatan pembelajaran pada tingkat satuan pendidikan. Hal penting dari Kurikulum Merdeka adalah harapan agar guru dan satuan pendidikan dapat mengembangkan pembelajaran yang menggunakan sumber belajar yang bervariasi untuk memperkaya wawasan siswa dalam rangka pengembangan kapasitas dirinya untuk menghadapi masa depan yang rumit dan tidak dapat diprediksi. Terkait dengan itu hakikat media pembelajaran juga mengalami perkembangan dalam hal ruang lingkupnya. Event yang bersifat kearifan lokal menjadi salah satu alternatif strategi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Pelaksanaan Perayaan hari Suci Agama Hindu Tawur Agung Kesanga dan Nyepi merupakan peristiwa yang relevan digunakan dalam rangka pengembangan karakter siswa.
Format pendidikan jarak jauh (PJJ) telah memberi peluang kepada orang tua dapat mengambil peran lebih besar dalam pendampingan dan pembimbingan anak dalam hal pengembangan karakter. Maka dari itu deskripsi refleksi di bawah ini menggambarkan bagaimana guru secara berkolaborasi dalam mengembangkan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih bermakna dan kontekstual.
Bersambung...
Tunjukkan kelebihannya, dan kekurangannya akan hilang dengan sendirinya
Bukan ketegasan yang terpenting, tetapi serius dan konsisten
Pedoman

Salinan SKB 4 Menteri
Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019

Penyesuaian SKB 4 Menteri tentang
Panduan Pembelajaran di masa
Pandemi Covid-19

Pengumuman
Pelaksanaan Pembelajaran Diskresi PTM ke PJJ di SD Negeri 7 Subagan

Surat Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan & Olahraga Kab. Karangasem
Tentang Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19
Dokumentasi
Karya siswa kelas V membuat kartu undangan tidak resmi " undangan ulang tahun"





Dokumentasi Pembelajaran Kelas III
Dokumentasi Pembelajaran Kelas II








Dokumentasi Pembelajaran Kelas I

















Tindak lanjut kunjungan rumah, memanggil wali siswa untuk mencari solusi belajar siswa
Hari/Tanggal : Selasa/22 Pebruari 2022
Pendampingan Lomba Nyurat Aksara Bali
Hari/Tanggal : Selasa/22 Pebruari 2022
Pembinaan nyurat aksara Bali
Hari/Tanggal : Senin/21 Pebruari 2022


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Minggu VIII (28 Pebruari ~ 05 Maret 2022)

RPP KELAS I

LKS KELAS II

LKS KELAS III BERKOLABORASI DENGAN GURU MAPEL AGAMA HINDU

RPP KELAS IV

LKS KELAS V BERKOLABORASI DENGAN GURU MAPEL PJOK

RPP KELAS VI
LKS MAPEL AGAMA HINDU

LKS KELAS IV

LKS KELAS V

LKS KELAS VI
RPP MAPEL PJOK

RPP KELAS I

RPP KELAS II

RPP KELAS III

RPP KELAS IV

RPP KELAS V

RPP KELAS VI
Refleksi
