MINGGU XII (17-22  OKTOBER 2022)

Laporan Minggu XII (17 ~ 22 Oktober 2022)


REFLEKSI PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN 

PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA 

DI SD NEGERI 7 SUBAGAN

MINGGU XII


A. Pengantar

Proses pembelajaran minggu ini, secara umum telah baik. Oleh karena ada gladi ANBK pada tanggal 19 Oktober 2022 dan perayaan Hari Raya Saraswati (Hari Ilmu Pengetahuan Umat Hindu) Sabtu 22 Oktober 2022, maka mulai hari Kamis, guru-guru mengembangkan kegiatan pembelajarna berbasis projek di kelasnya masing-masing.  Topi projek yang dilaksanakan adalah terkait dengan belajar, berkolaborasi pengembangan bakat berdasarkan kearifan lokal seperti membuat sesajen, membuat penjor, mekidung/menyanyi Warga Sari, menari Rejang Dewa, mepidarta sesuai adat istiadat dan kebiasaan lokal Bali.

Upaya mendekatkan proses pembelajaran yang relevan dan kontekstual dengan lingkungan akan memberi kebermaknaan yang tinggi dalam hal dampak dari proses pembelajaran yang dilaksanakan. Pengembangan proses pembelajaran yang berdampak merupakan harapan utama dalam pembelajaran yang menerapka prinsip merdeka. Melalui kegiatan tersebut diharapkan siswa memiliki skill dan karakter yang relevan dengan kebutuhan lingkungan dan situasi zaman di masa yang akan datang. 

B. Refleksi

Berdasarkan proses pembelajaran yang telah berlangsung di SD Negeri 7 Subagan maka beberapa gambaran deskriptif tentang aktivitas sekolah pada minggu ini adalah sebagai berikut:

a. Kamis, 20 Oktober 2022, ngaturang pengulem, ngayah ngias dan mejejaitan, belajar menari, belajar menyanyi

b. Jumat, 21 Oktober 2022, ngayah mejejaitan dan membaut penjor, belajar menari, belajar menyanyi dan pidato

c. Sabtu, 22 Oktober 2022, puncak acara persembahyangan, dengan prosesi, persiapan, ngenahang bebantenan, muput acara oleh sulinggih, tari Rejang Dewa, pemuspayan, menyanyi Warga Sari dan Pidato Bahasa Bali, penyineb.


Rencana pembelajaran yang telah dirancang guru minggu ini untuk pelaksanan minggu depan dapat dideskripsikan seperti uraian di bawah ini:

Secara umum RPP Kelas I telah dibuat dengan baik.  RPP telah memuat informasi umum tentang topik pembelajaran yang dirancang, termasuk item mengenai karaktersitik siswa. Tujuan pembelajaran yang dimuat juga telah memuat unsur ABCD dengan menggunakan Kata Kerja Operasinal yang bersifat mendorong kreatifitas siswa. Hal yang nampak dari RPP adalah pertanyaan pemantik yang telah berupaya memotivasi siswa dalam rangka melatih kemampuan berpikir dan berkomunikasi. 

Adapun hal-hal yang perlu ditingkatkan dari RPP yang disajikan adalah sebagai berikut:



Secara umum RPP Kelas III, telah di rancang secara baik, dimana komponen-komponen pembelajaran telah dimuat dalam RPP. Hal-hal yang perlu ditingkatkan dalam RPP Kelas III adalah:

Atas dasar itu maka proses penyusunan RPP untuk ke depannya agar lebih baik dan optimal sehingga menjadi acuan jaminan bagi guru untuk berhasil dalam mengajar. Proses kegiatan yang tidak direncanakan dengan baik maka akan berpotensi untuk gagal.


RPP Kelas IV telah dirancang secara baik dan lengkap, serta telah mencerminkan perencanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka ala SD Negeri 7 Subagan.  Hal yang menarik dari RPP ini sudah dilengkapi dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Hal-hal yang perlu ditingkatkan dari RPP yang dirancang adalah sebagai berikut:


Terimakasih kepada Guru Kelas IV yang telah merancang RPP secara lengkap, sehingga dapat menjamin proses pembelajaran minggu depan lebih baik lagi.



RPP yang telah dirancang oleh Ni Nengah Tunjung telah dirancang secara baik. Pada langkah-langkah pembelajaran RPP guru telah memuat langkah-langkah awal ketika berada disekolah, Pengan variasi kegiatan. Sementara hal-hal yang perlu ditingkatkan adalah sebagai berikut:

Hal yang perlu ditingkatkan dari RPP Kelas VI adalah 


RPP yang telah dirancang oleh guru PJOK telah baik dan untuk dipertahankan. Hal menarik dalam RPP ini adalah pada bagian informasi umum telah memuat item tentang karakteristik siswa. Tujuan pembelajaran yang telah dibuat juga telah memuat Kata Kerja Operasional yang mendorong keaktivan siswa. Guru juga telah memuat tentang rencana asesemen yang akan dilakukan yaitu test unjuk kerja. Pada RPP juga nampak guru telah memuat pertanyaan pemantik untuk memotivasi siswa agar selain beraktivitas layaknya pembelajarna PJOK, tetapi di saat yang sama juga mampu berpikir berdasarkan nalar yang disesuaikan dengan konteks materi yang diberikan.




C. Penutup

Pada minggu ini sekolah disibukkan dengan berbagai macam kegiatan, seperti Gladi ANBK, Saraswati selain kegiatan pembelajaran itu sendiri. Tantangan ini merupakan peluang bagi guru untuk menerapkan berbagai strategi pembelajaran dalam rangka mendukung pengembangan skill dan karakter siswa agar berkembang optimal.  Perayaan Saraswati yang menelaborasi segenap sumber daya, jika dioptimalkan sebagai media pembelajaran dan sumber belajar, merupakan hal yang penting sehingga siswa mendapatkan pengalaman belajar yang sangat bermakna. Melalu Perayaan Saraswati yang merupakan Hari Raya Suci umat Hindu yang dikhususkan untuk memuja Ida Snghyang Saraswati sebagai Dewi Ilmu Pengetahuan. Beliau yang disimbolkan dengna gadis cantik memiliki makna untuk menarik minat manusia dalam hal ini peserta didik dan guru, untuk tertarik belajar. Ilmu pengetahuan merupakan hal yang sangat menarik yang akan menggugah rasa ingin tahu manusia dalam rangka memahami rahasia alam. 

Makna ini akan diperoleh secara optimal oleh siswa, jika guru dapat memanfaatkan tantangan ini menjadi peluang. Perayaan Saraswati yang sebelumnya hanya dilaksanakan dalam kapasitasnya sebagai aktivitas ritual semata, hendaknya dapat digunakan sebagai media sekaligus sumber belajar. Melalui strategi ini siswa akan belajar secara kontekstual dan bermakna. Pembelajaran yang dialaksanakan secara kontekstual dan bermakna merupakan sarat mutlak terjadinya pembelajaran yang mampu membantu siswa melatih nalar berpikirnya. Belajar yang senantiasa dilakukan dengan mengupayakan strategi yang dapat melatih siswa untuk berpikir adalah sarat mtulak menciptakan pembelajarna yang bermakna dan berdampak kepada peserta didik. Jika upaya ini dapat dilakukan secara berkelanjutan maka usaha pemerintah untuk mewujudkan pembelajaran yang berdampak kepada peserta didik dalam membekali mereka skill dan karakter. Maka ANBK yang dilaksanakan minggu ini, bukan semata-mata dilakukan untuk mengetahui capaian siswa dalam hal berpikir bernalar kritis, kreatif, komunkatif, kolaboratif dan berkarakter, tetapi lebih kepada upaya merangsang sekolah untuk senantiasa membelajarkan siswa  agar mereka mengerti apa yang mereka pelajari dan untuk apa mereka belajar hal itu.




Dokumentasi

jAADWAL ANBK.pdf

Jadwal ANBK

Kegiatan Persembahyangan

WhatsApp Video 2022-10-12 at 09.09.09 (1).mp4

Kegiatan Kebersihan

Kegiatan Senam Pagi

WhatsApp Video 2022-10-12 at 09.09.09 (2).mp4
WhatsApp Video 2022-10-12 at 09.06.54.mp4

Kegiatan Literasi & Numerasi

WhatsApp Video 2022-10-18 at 07.53.52.mp4
WhatsApp Video 2022-10-18 at 11.01.48.mp4
WhatsApp Video 2022-10-18 at 08.23.28.mp4
WhatsApp Video 2022-10-18 at 08.31.50.mp4
WhatsApp Video 2022-10-17 at 08.47.58.mp4

Kegiatan Belajar Mengajar

WhatsApp Video 2022-10-17 at 08.48.58.mp4
WhatsApp Video 2022-10-17 at 08.49.37.mp4

Pelaksanaan Gladi ANBK 

Rabu-Kamis/ 19-20 Oktober 2022

Perayaan Hari Raya Saraswati

Jumat-Sabtu/ 21-22 Oktober 2022

WhatsApp Video 2022-10-21 at 10.10.31.mp4
WhatsApp Video 2022-10-21 at 10.10.30.mp4
WhatsApp Video 2022-10-22 at 08.39.51.mp4
WhatsApp Video 2022-10-22 at 08.39.17.mp4
WhatsApp Video 2022-10-22 at 09.07.39.mp4

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Minggu XIII (24 ~ 29 Oktober 2022)

RPP MINGGU 13 KELAS 1.docx

Kelas I

Kelas II

RPP MINGGUAN PERTEMUAN 13 KELAS 3.docx

Kelas III

RPP MINGGU 13 KELAS 4.docx

Kelas IV

RPP Kelas 5 Tema 3.4 MG KE 13.doc

Kelas V

RPP MINGGU 13 KELAS 6.docx

Kelas VI

RPP AGAMA HINDU & BUDI PEKERTI

PERTEMUAN 13 RPP KELAS 1.docx

Kelas I

PERTEMUAN 13 RPP KELAS 2.docx

Kelas II

PERTEMUAN 13 RPP KELAS 3.docx

Kelas III

PERTEMUAN 13 RPP KELAS 4.docx

Kelas IV

PERTEMUAN 13 RPP KELAS 5.docx

Kelas V

PERTEMUAN 13 RPP KELAS 6.docx

Kelas VI

RPP PJOK

RPP MINGGU XIII KELAS 1 pjok.docx

Kelas I

RPP MINGGU XIII KELAS 2 pjok - Copy (3).docx

Kelas II

RPP MINGGU XIII KELAS 3 pjok - Copy (4).docx

Kelas III

RPP MINGGU XIII KELAS 4 pjok.docx

Kelas IV

RPP MINGGU XIII KELAS 5 pjok - Copy.docx

Kelas V

RPP MINGGU XIII KELAS 6 pjok - Copy (2).docx

Kelas VI