MINGGU XI

21- 26 MARET 2022

Laporan Minggu XI (21 ~ 26 Maret 2022)

Pengantar

PROJECT PENGUATAN KRAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PERAYAAN HARI RAYA SARASWATI

DI SD NEGERI 7 SUBAGAN

Pendaluluan

Muara dari setiap proses pendidikan adalah sesungguhnya bangaimana siswa setelah menyelesaikan pendidikan dapat menjalani kehidupan yang bahagia di tengah-tengah masyarakatnya. Bahagia yang dimaksud adalah ketika mereka telah mampu memenuhi kebutuhan hidup mulai dari hal yang mendasar seperti kebutuhan sandang dan papan, rasa aman, dicintai dan mendapat pengakuan. Setiap orang tua pasti mengharapkan hal itu terjadi pada anaknya kelak, karena sesungguhnya kebahagiaan adalah harapan semua orang. Individu yang bahagia, secara kolektif akan melahirkan komunitas masyarakat yang berbahagia, yang merupakan bagian dari cerminan kemakmuran sebuah negara.

Kebahagiaan tidak akan datang serta merta ibarat mendapatkan durian runtuh atau rejeki nomplok, tetapi semua itu diawali dengan usaha dan upaya. Salah satu upaya orang tua untuk mewujudkan hal itu adalah dengan menyekolahkan anaknya pada sekolah terbaik, agar mendapatkan pendidikan yang labih layak. Apakah berhenti sampai di situ? Hal itu adalah permulan bagi anak untuk mendapatkan pengalaman belajar menggali ilmu dari guru-gurunya. Dalam hal ini guru tampil sebagai sumber ilmu yang siap mentransfer ilmunya kepada siswa, dengan harapan siswa mendapatkan pengetahuan yang akan membantunya mengatasi kehidupan untuk mencapai kebahagiaan.

Pendidikan moderen yang diselenggarakan oleh sekolah dengan segenap pendidiknya menempatkan kebahagiaan sebagai tujuan baik proses maupun akhir pendidikan. Proses pendidikan pada tahapan pembelajaran juga mengedepankan kebahagiaan siswa setiap kali mereka belajar. Hal ini sangat penting untuk menjadikan pendidikan sebagai proses yang menyenangkan, sehingga siswa senantiasa termotivasi untuk belajar. Sebagaimana kebutuhan lainnya yang senantiasa berharap untuk dipenuhi, maka pendidikan juga sebuah kebutuhan yang berharap dapat dipenuhi sehingga kelak mendapat pengakuan baik dari masyarakat, ataupun dunia kerja.

Berdasarkan hal itu, maka perjalanan pendidikan yang menyenangkan dan membahagiakan, akan menciptakan anak-anak masa depan yang berbahagia pula. Maka pertanyaannya, “Apakah guru sudah melakukan hal-hal itu?” Sepertinya pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi telah menggagas hal itu kembali. Hal ini terlihat dari program-program yang digelar pemerintah seperti guru penggerak, sekolah penggerak, penguatan Profil Pelajar Pancasila dan yang lainnya. Melalui program tersebut diharapkan pola-pola pembelajaran lebih fokus untuk berdampak pada siswa sehingga mereka senang dan bahagia baik saat belajar mampu meraih kebahagiaan saat berhasil belajar serta menikmati dari hasil belajar tersebut.

Kebahagiaan seperti dijelaskan di atas tidak dapat hanya dipandang dari aspek individu, sebagaimana halnya manusia, juga memerlukan pemenuhan kebutuhan untuk dicintai dan pengakuan, maka aspek manusia lain manjadi sangat penting. Bukan hanya aspek mansuia saja, bahkan lingkungan tempat mereka hidup juga menjadi aspek yang penting untuk mewujudkan kebahagiaan tersebut. Kebutuhan akan dicintai dan mendapat pengakuan hanya akan diperoleh jika siswa dalam menjalani kehidupannya kelak telah memiliki arti bagi orang lain, sehingga layak untuk dicintai dan mendapat pengakuan. Kepercayaan orang lain terhadapnya kelak merupakan kunci terpenuhinnya kebutuhan manusia yang paling tinggi tersebut. Maka integritas adalah karakter penting yang harus dimiliki siswa dalam rangka mendapatkan kepercayaan orang lain sehingga layak untuk dicintai dan mendapatkan pengakuan,

Integritas adalah karkater paling penting yang harus dimiliki siswa ketika menjalani kehidupannya kelak. Melaui krakter integritas diri yang kuat, siswa kelak akan mendapatkan kepercayaan, baik oleh temannya, orang tuanya, pacarnya, istri/suaminya, atasan, bawahan dan bahkan masyarakat. Semakin kompleks kompleksitas kebutuhan untuk mendapatkan cinta dan pengakuan, maka ruang lingkup kepercayaan tersebut juga semakin luas. Seorang kepala keluarga, mungkin sudah cukup terpuaskan kebutuhannya ketika mendapatkan cinta dari anak dan istrinya, serta mendapat pengakuan dari keluarga dan kerabat dekatnya. Seorang kepala sekolah yang berintegritas, sudah cukup puas dengan kepercayaan yang diberikan rekan kerja, siswa, orang tua dan atasan. Tentu hal ini akan berbeda cerita jika dibandingkan dengan kepuasan seorang bupati atau pejabat lainnya, yang akan puas jika mendapat cinta dan pengakuan oleh rakyatnya.

Karakter yang akan menjadi warna dari integritas seseorang menjadi hal penting yang harus disadari dan ditanamkan pada siswa, sehingga mereka layak dipercaya baik oleh orang di sekitarnya dan orang lain yang berkepentingan dengannya. Karakter yang baik menjadi hal yang penting untuk dimiliki oleh siswa yang sesungguhnya dapat dikembangkan dikuatkan melalui ranah pembelajaran di sekolah dan pembiasaan positif di rumah. Guru sebagai bagian dari pengembang pembelajaran menempati posisi penting untuk ikut berkontribusi dalam pengembangan karakter anak disamping orang tua yang sebenarnya memegang peranan paling penting dalam hal ini.

Sesuai dengan kebijakan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi dalam rangka mengembangkan Kurikulum Merdeka, menempatkan pengembangan karakter menjadi bagian terpenting dari konten kurikulum. Sekolah utamanya pada jenjang pendidikan dasar diharapkan mampu mengembangkan pendidikan karakter lebih dominan sebagai landasan penting dalam pembentukan keperibadian menuju anak menuju SDM yang berintegritas. Strategi kolaborasi peran antara guru dan orang tua, menjadi harapan bagi pengembangan karakter menjadi lebih komprehensif. Bukan hanya itu, sekolah ketika mengembangkan strategi pembelajaran melalui penerapan Kurikulum Merdeka yang memegang prinsip merdeka belajar diberikan kesempatan seluas-luanya untuk melaksanakan inovasi melalui kolaborasi penyelenggaraan pembelajaran antar guru di sekolah tersebut.

Sekolah juga diharapkan mampu mengembangkan kegiatan pembelajaran berbasis proyek yang mengedepankan kolaborasi antar guru sehingga mampu memberi pengalaman bermakna pada siswa dalam belajar. Pembelajaran bermakna diharapkan selalu menjadi orientasi guru ketika merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, oleh karena melalui proses itu siswa memperoleh pengalaman belajar yang berarti baginya. Kebermaknaan belajar dapat diperoleh melalui strategi inovasi sekolah dan guru dalam memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran yang kontekstual. Kebermaknaan belajar dari media dan sumber belajar kontekstual salah satunya dapat memanfaatkan iven pelaksanaan budaya dan tradisi kearifan lokal yang ada di budaya masyarakat asal sekolah tersebut.

Strategi Proyek Penguatan Karakter Melalui Perayaan Saraswati

Integrasi pelaksanaan pembelajaran dan pengembangan karakter di SD Negeri 7 Subagan diwujudkan melalui Project Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila melalui Perayaan Hari Raya Saraswati. Media Perayaan Hari Saraswati yang selanjutnya dijadikan media pengembangan karakter ini dikondisikan sedemikian rupa sehingga guru kelas dan mata pelajaran Agama Hindu berkolaborasi dalam pelaksanaan pembelajaran. Aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan masing-masing guru dengan cara berkolaborasi baik dari sisi karakter dan pengembangan kompetensi siswa. Melalui kegiatan ini nantinya diharapkan selain siswa menguasai kompetensi sebagaimana diharapkan dicapai sesuai kurikulum yang digunakan, juga pada kesempatan yang sama siswa dapat mengembangkan karakter seperti bertaqwa kepada TYME dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebhinekaan global, kritis dan kreatif.

Sebelum penulis jabarkan lebih lanjut tentang teknis kegiatan dimaksud, hal yang paling mendasar yang menggugah perasaan saya adalah ketika mencermati Perayaan Hari Raya Saraswati di sekolah selama ini, seolah-olah menjadi kegiatan terpisah dengan kegiatan pembelajaran dan pengembangan karakater. Padahal jika momen iven ini dimanfaatkan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan pengembangan karakter adalah sangat tepat, Tetapi oleh karena hal tersebut adalah hal yang baru, sehingga menimbulkan resistensi pada awalnya. Akan tetapi ketika hal tersebut, dapat diformulasikan melalui perencanaan yang matang, maka menjadi kegiatan menarik untuk dilaksanakan. Sebagai gambaran pada uraian berikut akan digambarkan langkah-langkah pengembangan pembelajaran berbasis Proyek Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 7 Subagan.

1. Persiapan

Pada tahapan persiapan dilakukan beberapa hal yang bertujuan untuk menggali kesadaran dan pemahaman warga sekolah terkait pentingnya penguatan karakter dengan memanfaatkan iven hari besar keagamaan yang diintegrasikan dengan pembelajaran adalah sebagai berikut:

a. Rapat penguatan dan motivasi pentingnya pemahaman dan kesadaran para guru dalam upaya mengimplementasikan gagasan mengintegrasikan pembelajaran dengan iven peringatan hari besar keagamaan pada Perayaan Hari Saraswati. Sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka yang mendorong sekolah untuk memanfaatkan iven hari besar nasional, keagamaan dan budaya/tradisi kearifan lokal dalam pembelajaran yang selanjutnya dijadikan landasan dari kegiatan ini.

b. Merancang program Perayaan Saraswati, dimana kepala sekolah berdasarkan hasil diskusi dengan para guru selanjutnya merancang program Perayaan Saraswati yang diintegrasikan dengan pembelajaran

c. Merancang pembelajaran, evaluasi dan refleksi sebagai tindak lanjut dari program tersebut, guru merancang pembelajaran, evaluasi dan refleksi, berdasarkan sudut pandang masing-masing guru kelas dan guru mapel untuk mencari topik pengembangan kompetensi pembelajaran yang mesti mereka ajarkan dikelasnya yang disinergikan dengan Perayaan Saraswati sesuai program sekolah

d. Sosialisasi dengan siswa dan orang tua, yang disampaikan melalui apel di lapangan sekolah dan surat undangan kepada orang tua melalui Whatsapp Group dan kepada pengurus komite SD Negeri 7 Subagan.

e. Pembentukan panitia penyelenggara kegiatan yang melibatkan siswa

2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

RPP yang dirancang oleh guru, tetap mengedepankan pengembangan kompetensi sesuai standar isi dan konten kurikulum yang berlaku, yang disinergikan dengan Perayaan Hari Raya Saraswati. Guru dalam menyusun RPP mempedomani program sekolah yang berjudul “Pengembangan Project Base Learning Berbasis Profil Pelajar Pancasila Dalam Perayaan Hari Raya Saraswati”

a. Tujuan

1) Melalui kegiatan perayaan Hari Saraswati kalian dapat mengembangkan skil dan kompetensi sesuai dengan materi yang diajarkan di kelasnya masing-masing

2) Melalui kegiatan perayaan Hari Saraswati kalian dapat mewujudkan nalar logis dan rasa tulus iklas dalam beryadnya serta bhakti kepada Ide Shanghyang Widi Wasa, mandiri, bergotong-royong dan kreatif sesuai Profil Pelajar Pancasila

3) Melalui kegaitan perayaan Hari Saraswati kalian dapat mewujudkan sikap peduli lingkungan berdasarkan Ajaran Tri Hita Karana dalam menjalin hubungan yang harmonis dengan Tuhan, sesama manusia dan lingkungan

b. Alat dan Bahan

1) Alat

a) Alat-alat pembuataan sarana upakara, seperti pisau kecil yang di bungkus/saung,

b) Linggis

c) Sabit

d) Alat tulis

e) Sound Sistem

f) Lampu penerangan

g) Kabel

h) Lamteg Panitia (Dibuatkan panitia)

2) Bahan

a) Janur

b) Semat

c) Bambu

d) Beras

e) Buah-buahan

f) Bunga

g) Kelapa

h) Pakaian adat

c. Dudonan Acara (Langkah Kegiatan)

1) Sabtu, 19 Maret 2022

a) Pembentukan Panitia Manggala Karya

b) Rapat Penyusunan Kegiatan

c) Sosialisasi Kegiatan

2) Rabu, 23 Maret 2022

a) Mereresik (mengadakan kegiatan kebersihan)

b) Pemantapan Kegiatan

c) Pembagian Lamteg, yang akan dipakai pada setiap kegiatan

3) Kamis, 24 Maret 2022

a) Ngayah Mereresik

b) Ngulemin

c) Persembahyangan Bersama

d) Ngayah Mejejaitan

e) Pekemit

f) Metembang dan darmawacana

4) Jumat, 25 Maret 2022

a) Ngayah Mereresik

b) Persembahyangan Bersama

c) Ngayah mejejaitan

d) Pekemit

e) Metembang dan darmawacana

5) Sabtu, 26 Maret 2022

a) Mereresik

b) Puncak Acara

c) Ilen-ilen

d) Dharmawacana /Nunas layuban

e) Penyineb

f) Rapat evaluasi kegiatan oleh manggala karya

6) Senin – Jumat, 28 Mare- 2 April 2022

a) Membuat refleksi kegiatan oleh siswa dan guru, di sela-sela pembelajaran rutin

b) Manggala karya menyusun laporan

c) Seksi dokumentasi membuat video kegiatan

d) Guru membimbing siswa dalam melakukan refleksi

7) Sabtu, 3 April 2022

a) Pembuatan Laporan oleh manggala karya di lapangan

b) Pembuatan resume atau narasi kegiatan oleh setiap siswa

c) Pembuatan video laporan kegiatan oleh seksi dokumentasi

8) Gelar Karya

Pelaksanaan gelar karya direncanakan diadakan tepat tanggal 2 Mei 2022 saat Hari Pendidikan Nasional

d. Panitia/Manggala Karya

1) Manggala Karya

a) I Gusti Ngurah Parnama

b) Ni Nyoman Dewi Mandari (VI)

2) Penyarikan

a) Ni Putu Asriani

b) Ni Kadek Shintadewi

c) Ni Putu Lisa Virgayani (VI)

3) Pengeraksa

a) Ni Nengah Suartini

b) Ni Kadek Kesya Asih Nareswari (VI)

4) Pemangku

a) Ni Wayan Rindi

b) Ni Putu Siwi Indah Cahyani (VI)

c) Ni Komang Aprilia Purnami (VI)

d) Ida Bagus Eka Putra Widyana (VI)

e) Ni Putu Apriliantini Putri (VI)

f) Ida Ayu Sasmita Wedari (VI)

5) Seksi Bebantenan

a) Ni Luh Sudiasri

b) Ni Wayan Ayu Madyani (VI)

c) Ni Nyoman Jenitan (VI)

d) Ni Putu Asih Widya Pratriwi (VI)

e) Putu Yudya Pradnya Oktaviani (VI)

f) Ni Made Laksmi Putri Pramesti (V)

g) Ni Putu Lionti Anandita (V)

6) Panitia Perlengkapan Dan Kebersihan

a) I Gusti Putu Purna

b) I Kadek Edi Semardiasa

c) I Gusti Agung Dwi Angga Permana (V)

d) I Gede Dewa Artha Sedana (V)

7) Panitia Dharma Wacana

a) Ni Nengah Tunjung

b) Ni Komang Dita

c) Ni Wayan Devi Prima Aryanti (V)

8) Dokumentasi

a) Ni Kadek Ayu Anjani

b) I Kadek Supadma

c) I Komang Dendi Suretiawan (VI)

d) I Gede Sata Dhara Wiguna (VI)

e) Ni Made Anindya Tri Widyani (IV)

f) Ni Kadek Rinita Caesya Putri (V)

g) Ni Putu Ardelia Ayuningtyas (V)

h) Ni Putu Rivelia Maharani (V)

e. Penilaian

1) Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa ditunjukkan dengan keiklasan/ketulusan dan kerajinan ngayah, kerajinan mekemit, medana punia, melaksanakan ajaran Tri Hita Karana (Prioritas pada pelaksana kepemangkuan, serati dan pengayah)

2) Mandiri ditunjukkan dengan tuntasnya pekerjaan yang ditugaskan pada siswa (dalam bentuk fortofolio tugas), santun dalam bertindak, disiplin dan percaya diri (Prioritas penilaian pada pengurus atau manggal karya)

3) Bergotong-royong ditunjukkan dengan kegiatan mampu bekerjasasama dengan orang lain dalam menyelesaikan pekerjaan, selalu berkoordinasi dengan pihak lain (Prioritas bagi yang rajin dan aktif bekerjasama)

4) Berkebhinekaan global ditunjukkan dengan toleransi, tenggang rasa, menghargai perbedaan, menghargai pendapat orang lain dan tidak membuli orang lain

5) Nalar kritis yang ditunjukkan dengan pemahaman materi, ide, gagasan dan inisiatif (Prioritas penilaian bagi pelaksana tugas darmawacana)

6) Kreatif yang ditunjukkan dengan kerajinan, kemampuan membuat sesuatu, cekatan bertindak dan mencari jalan keluar dari masalah (Prioritas penilaian bagi penari, mekidung)


Bahagia itu, bukan seberapa besar harta atau nilai yang kita kumpulkan,

tetapi seberat apa usaha kita untuk mendapatkan itu semua

Pedoman

SALINAN SKB 4 MENTERI 21DES2021.pdf

Salinan SKB 4 Menteri

Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019

Materi_Kemendikbudristek_-_Penyesuaian_Kebijakan_PTMT_SKB_4_Menteri.pdf

Penyesuaian SKB 4 Menteri tentang

Panduan Pembelajaran di masa

Pandemi Covid-19

Panduan Belajar di tahun 2022 Paling OK.pdf

Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Semester II

Tahun Pelajaran

2021/2022

SD Negeri 7 Subagan

Dokumentasi

DOKUMENTASI PERAYAAN HARI RAYA SARASWATI

HARI/TANGGAL : SABTU/26 MARET 2022

WhatsApp Video 2022-03-26 at 10.02.36.mp4
WhatsApp Video 2022-03-26 at 10.02.41.mp4

DHARMA WACANA OLEH NI NYOMAN DEWI MANDARI & IDA BAGUS EKA PUTRA WIDNYANA

SISWA KELAS VI

MANDARI DHARMAWACANA.mp4
WhatsApp Video 2022-03-26 at 12.02.07.mp4

DOKUMENTASI PERSIAPAN PERAYAAN HARI RAYA SARASWATI

HARI/TANGGAL : JUMAT/25 MARET 2022

WhatsApp Video 2022-03-28 at 10.00.02.mp4

Ibu Pengawas Dra.Ni Komang Suardani,M.Ag

memberikan kesan & pesan kepada siswa terkait perayaan Hari Raya Saraswati

WhatsApp Video 2022-03-28 at 10.00.40.mp4

Bapak Kepala Sekolah, I Wayan Putra,S.Pd.SD.M.Pd

memberikan kesan & pesan kepada siswa terkait perayaan Hari Raya Saraswati

WhatsApp Video 2022-03-30 at 21.55.20.mp4
WhatsApp Video 2022-03-30 at 21.55.22.mp4
WhatsApp Video 2022-03-30 at 21.55.24.mp4
WhatsApp Video 2022-03-30 at 21.55.29.mp4
WhatsApp Video 2022-03-30 at 21.55.27.mp4
WhatsApp Video 2022-03-30 at 21.55.23.mp4
WhatsApp Video 2022-03-28 at 10.01.26.mp4
WhatsApp Video 2022-03-28 at 09.51.37.mp4
WhatsApp Video 2022-03-25 at 11.10.43.mp4
WhatsApp Video 2022-03-25 at 18.52.45.mp4

DOKUMENTASI PERSIAPAN PERAYAAN HARI RAYA SARASWATI

HARI/TANGGAL : KAMIS/24 MARET 2022

Persembahyangan bersama

WhatsApp Video 2022-03-24 at 18.44.03 (3).mp4
WhatsApp Video 2022-03-24 at 18.44.03.mp4
WhatsApp Video 2022-03-24 at 18.44.03 (1).mp4

Persembahyangan sebelum memulai kegiatan persiapan dalam rangka hari raya Saraswati

Siswa Kelas III & IV mejejaitan didampingi Ibu Guru Mapel Agama Hindu

VID20220324104647.mp4
VID_20220324_164509.mp4
VID20220324083400.mp4

Siswa Kelas V mejejaitan membuat Daksina didampingi Ibu Guru Mapel Agama Hindu

Kegiatan Latihan DharmaWacana Kelas Vi didampingi Guru Wali Kelas VI

Kegiatan Bersih-bersih Siswa Kelas VI

VID_20220324_081829.mp4
VID20220324165748.mp4

Dokumentasi Kelas I

WhatsApp Video 2022-03-21 at 08.27.53.mp4

Dokumentasi Kelas II

Dokumentasi Kelas III

Dokumentasi Kelas IV

Dokumentasi Kelas V

Dokumentasi Kelas VI

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Minggu XII (28 Maret ~ 02 April 2022)

RPP MINGGUAN PERTEMUAN XII.docx

KELAS I

RPP ASRI MINGGU 12.docx

KELAS II

RPP MINGGU XII 28 MARET.docx
LKS PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS BERBASIS BUDAYA.docx

KELAS III

RPP MINGGU XII kelas 4 Tatap Muka.docx

KELAS IV

RPP PERTEMUAN MINGGU 12 KELAS 5.docx

KELAS V

RPP PERTEMUAN 12.docx

KELAS VI

RPP MAPEL AGAMA HINDU

RPP AGAMA HINDU KELAS 1 MINGGU 12.docx

KELAS I

RPP AGAMA HINDU KELAS 2 MINGGU 12.docx

KELAS II

RPP AGAMA HINDU KELAS 3 MINGGU 12.docx

KELAS III

RPP Perttemuan Tatap Muka kls 4 semester 2 minggu ke 12.docx

KELAS IV

RPP Tatap Muka kls 5 semester 2 pertemuan ke 12.docx

KELAS V

RPP Tatap Muka kelas 6 semester 2 pertemuan ke 12.docx

KELAS VI

RPP MAPEL PJOK

RPP Minggu XII & XIII tatap muka Kls I.docx

KELAS I

RPP Minggu XII & XIII tatap muka Kls II.docx

KELAS II

RPP Minggu XII & XIII tatap muka Kls III.docx

KELAS III

RPP Minggu XII & XIII tatap muka Kls IV.docx

KELAS IV

RPP Minggu XII & XIII tatap muka Kls V.docx

KELAS V

RPP Minggu XII & XIII tatap muka Kls VI.docx

KELAS VI

Refleksi

Laporan Minggu XI Project Penguatan Karakter Melalui Saraswati (1).pdf