MINGGU AWAL

(03-08 JANUARI 2022)

Laporan Minggu Awal (03 ~ 08 Januari 2022)

Pengantar

Kegiatan awal di SD Negeri 7 Subagan, yaitu ketika siswa memulai belajar pada Semester II Tahun Pelajaran 2021/2022. Pada kegiatan Minggu awal diisi dengan kebersihan sekolah, kegiatan persiapan menyongsong Pembelajaran Tatap Muka Terbatas sesuai Surat Keputusan Bersama 4 Menteri, yaitu Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi No 15/SKB/2021, Menteri Kesehatan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri. Adapun pokok kebijakan tersebut diambil mengingat level zona status Pandemi Covid di seluruh Indonesia telah berada pada level 3, 3 dan 1, maka wajib untuk mengadakan Pembelajaran Tatap Muka terbatas dengan mempertimbangkan capaian Vaksinasi Dosis 2 untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan dan Vaksinasi Lansia.

Sehubungan dengan hal itu maka SD Negeri 7 Subagan menetapkan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dengan ketentuan semua siswa mulai sekolah pagi yang tidak terbagi menjadi sesi-sesi, selama 6 Jam Pelajaran, dengan waktu istirahat selama 20 menit. Berikut langkah-langkah yang diambil dalam menyongsong kegiatan dimaksud adalah :

  1. Menelaah SKB 4 Menteri dan peraturan turunannya hingga Surat Keputusan Kepala Disdikpora Kabupaten Karangasem

  2. Menyesuaikan Kebijakan tersebut dengan Kurikulum SD Negeri 7 Subagan

  3. Menyusun Panduan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

a. Menyesuaikan beban belajar Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam rangka memenuhi kebutuhan jam belajar dan jam mengajar

b. Menyusun Rencana Kerja Satu Semester, dengan mempertimbangkan kebutuhan belajar berdasarkan Tema dan Sub Tema

c. Menyusun skenario pembelajaran yang mengakomodir strategi pedagogi, penyelarasan dengan kebijakan dan pembiasaan pembentukan karakter

d. Menyusun jadwal pembelajaran, dengan mempertimangkan kebutuhan belajar dan kepatuhan pada kebijakan pemerintah

  1. Sosialisasi, kegiatan sosialisasi dilakukan dengan daring dan luring

  2. Persiapan sarana dan prasarana pendukung menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah terkait penanganan Covid-19 dan strategi pengembangan sekolah

Selanjutnya secara lebih lengkap persiapan PTM di SD Negeri 7 Subagan seperti disajikan pada link berikut:

https://www.sd7ok.id/pengumuman/pengumuman-tahun-ajaran-baru-20212022


Pedoman

SALINAN SKB 4 MENTERI 21DES2021.pdf

Salinan SKB 4 Menteri

Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019

Materi_Kemendikbudristek_-_Penyesuaian_Kebijakan_PTMT_SKB_4_Menteri.pdf

Penyesuaian SKB 4 Menteri tentang

Panduan Pembelajaran di masa

Pandemi Covid-19

Panduan Karangasem.pdf

Surat Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan & Olahraga Kab. Karangasem

Tentang Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19

Panduan Belajar di tahun 2022 Paling OK.pdf

Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Semester II

Tahun Pelajaran

2021/2022

SD Negeri 7 Subagan

Dokumentasi

Penyemprotan disinfektan persiapan pembelajaran tatap muka

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Minggu I (10 ~ 15 Januari 2022)

MINGGU 1.pdf

RPP KELAS I

RPP ASRI MINGGU 1.docx

RPP KELAS II

RPP MINGGUAN PERTEMUAN 1.docx

RPP KELAS III

RPP Minggu I Kelas 4 smt 2.docx

RPP KELAS IV

RPP PERTEMUAN 1 (1).docx

RPP KELAS V

RPP PERTEMUAN 1.docx

RPP KELAS VI

RPP MAPEL AGAMA HINDU

RPP AGAMA HINDU KELAS 1.docx

KELAS I

RPP AGAMA HINDU KELAS 2.docx

KELAS II

RPP AGAMA HINDU KELAS 3.docx

KELAS III

RPP KLS 4 semester 2,minggu 1 siap dikirim.docx

KELAS IV

RPP KELAS 5, minggu 1 ,semester 2 siap dikirim..docx

KELAS V

RPP KLS 6 semester 2 minggu 1 siap dikirim.docx

KELAS VI

RPP MAPEL PJOK

RPP MINGGU XI Kls I.docx

KELAS I

RPP MINGGU XI Kls II.docx

KELAS II

RPP MINGGU XI Kls III.docx

KELAS III

RPP MINGGU XI Kls IV.docx

KELAS IV

RPP MINGGU XI Kls V.docx

KELAS V

RPP MINGGU XI Kls VI.docx

KELAS VI

Refleksi

Pengantar

Aktivitas sekolah pada Minggu Awal 3 ~ 8 Januari 2022 merupakan kegiatan penyesuaian pemberlakuan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SD Negeri 7 Subagan. Kegiatan pembelajaran belum berlangsung secara efektif, karena kepala sekolah masih mempersiapkan dan menyusun strategi pelaksananaan pembelajaran dan pengelolaan sekolah pada Semester II Tahun Pelajaran 2021/2022, yang menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah terbaru. Perkembangan penyesuaian tersebut bersifat dinamis, sehingga mental adaptif sangat diperlukan dalam melakoni perjalanan awal KBM di SD Negeri 7 Subagan.

Dinamika perubahan yang serba cepat tersebut, harus juga disikapi oleh warga sekolah secara cepat pula, dan hal ini seolah sudah menjadi hal yang biasa yang harus dilakukan. Sejak Pandemi Covid-19 merebak di awal tahun 2020, warga sekolah mulai dari siswa, orang tua, kepala sekolah, guru dan staff telah terbiasa menjalaninya. Maka dari itu hal ini tidak menjadi tantangan berarti dalam rangka menyusun panduan pembelajaran berdasarkan kebijakan terbaru, hingga guru secara intensif melakukan perubahan dalam perencanaan pembelajaran yang dilakukannya.

Aktivitas siswa di sekolah pada minggu awal ini lebih banyak dilakukan untuk pembiasaan kegiatan kebersihan, pembiasaan menaati protokol penanggulangan Covid-19 dan pembiasaan lain terkait pengembangan karakter Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan siswa dalam dalam melakukan kegiatan pembiasaan dilakukan secara antusias. Siswa secara aktif dan disiplin tetap menulis jurnal kegiatan harian sebagai bentuk kebiasaan positif dalam mengembangkan karakter-karakter penting termasuk literasi. Para orang tua juga dengan setiap mengantar dan menjemput siswa baik sesi pagi dan siang sesuai waktu sekolah yang masih mengikuti panduan lama, yaitu sesi pagi dan siang.

Sementara guru dalam memandu siswa beraktifitas pada minggu awal ini, sejak awal telah sangat telaten mengecek kehadiran, suhu tubuh, mendampingi siswa dalam setiap aktivitas baik di kelas dan di luar kelas, hingga memandu siswa untuk berinteraksi dengan buku bacaan secara berkelanjutan. Hal menarik pada kegiatan minggu awal adalah guru dan siswa secara berkelanjutan berinteraksi dengan media bacaan yang sengaja di sajikan di depan setiap kelas. Komposisi buku bacaanpun di sesuaikan setiap saat, karena mengantisipasi kebosanan siswa terhadap buku bacaaan yang ada. Kehadiran buku baru membuat siswa sangat senang, dan menarik minat mereka untuk selalu berinteraksi dengan buku bacaan setiap saat.

Pembahasan

Sementara guru yang sibuk mempersiapkan pembelajaran, secara intensif dibimbing oleh kepala sekolah dalam rangka penyesuaian strategi pembelajaran dalam menyambut PTM terbatas di Semester II Tahun Pelajaran 2021/2022. Secara singkat berikut komentar, saran dan masukan atas RPP yang telah disusun guru sebagai berikut:

RPP Kelas I

Komentar

RPP Kelas I telah disajikan dengan sangat baik. Walaupun masih mengacu pada PTM daring luring, tetapi konten dan muatan pembelajaran yang mesti diajarkan di sekolah tidak dikurangi. Hal ini justru dapat menjadi praktik baik yang tetap harus dilanjutkan. Ketika guru tetap merencanakan kegiatan belajar siswa saat mereka ada di rumah, hal ini justru akan meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pembimbingan orang tua juga dapat direncakan secara maksimal dalam mendampingi anaknya belajar. Tampilan RPP yang ditulis tangan merupakan hal yang menarik, karena dengan menulis dengan tangan akan berdampak pada internalisasi rencana kegiatan yang diakukan secara lebih intensif. Hal ini akan membantu guru dalam hal memastikan langkah yang dibuatnya benar-benar dapat dilaksanakan. Hal yang sangat berbeda jika RPP diketik dengan komputer, karena memungkinkan aksi copy dan pasta yang mengurangi aspek internalisasi, karena membuka peluang bagi guru untuk tidak membaca secara cermat, dan akan timbul rasa malas membaca ulang RPP yang telah dibuatnya.

Tujuan pembelajaran yang telah disusun sedemikian rupa telah memuat pembiasaan penulisan jurnal yang terkait dengan pembiasaan positif baik di rumah maupun di sekolah. Kesesuaian tujuan dengan langkah pembelajaran juga telah baik, yang divariasikan dengan kegiatan belajar di sekolah dan di rumah. Kegiatan pembelajaran juga direncanakan dapat mengaktifkan pembelajaran yang menerapkan prinsip berpusat pada peserta didik Sekali lagi terimakasih kepada Ibu Ni Komang Sukerti telah merancang pembelajaran secara baik dan apik, dan semoga dapat dilaksanakan secara maksimal dengan hasil yang baik.

Masukan dan saran

Masukan dan saran yang diberikan kepada Guru Kelas I Ni Komang Sukerti adalah agar guru menyertakan rencana evaluasi pembelajaran dan pendukung lainnya. Selebihnya saran yang disampaikan adalah agar KBM nantinya dapat berlangusung dengan baik.

RPP Kelas II

Komentar

RPP Kelas II telah disajikan dengan baik dengan deskripsi yang lengkap mulai dari tujuan, langkah pembelajaran hingga rubrik penilaian yang juga disertakan. Hal baik yang direncanakan dalam pembelajaran tersebut adalah guru telah merencanakan kegiatan awal terkait pengembangan sikap sejak di rumah hingga di sekolah. Guru juga telah merencanakan kegiatan literasi sebelum KBM dimulai. Langkah pembelajaran yang disajikan telah sangat baik dan terstruktur. KBM juga telah direncanakan untuk mengaktifkan siswa dalam belajar sesuai prinsip pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Tidak lupa juga guru merencanakan untuk secara berkelanjutan mengembangkan kebiasaan hidup sehat sesuai Protokol Covid-19 saat ini.

Masukan dan saran

Masukan yang dapat disampaikan dalam review RPP ini adalah agar rubrik penilaian yang disajikan leih realistis. Karena dengan melakukan penilaian dalam seminggu menggunakan rubrik yang banyak akan sangat memberatkan guru, yang berdampak pada proses dan hasil yang tidak maksimal. Hendaknya rubrik tersebut digunakan dalam 1 tema atau 1 bulan. Terimakasih kepada Ibu Ni Luh Putu Asriani telah membuat rancanangan pembelajaran yang sangat bagus, sehingga tujuan yang diharapkan dalam KBM ini dapat dicapai. Terimakasih.


RPP Kelas III

Komentar

RPP Kelas III, scara standar telah memuat hal-hal pokok yang harus diterjadikan dalam pembelajaran. Kesesuaian tujuan pembelajaran dengna langkah kegiatan juga telah baik. Telah terjadi perubahan dimana dulu RPP Kelas III, masih di tulis tangan, dan saat ini telah di ketik, mencerminkan guru telah belajar untuk menggunakan TIK dalam menyusun pembelajaran. Pembelajaran telah dirancang secara menyenangkan dengan mengajak siswa menyanyi dan variasi kegiatan lainnya.


Masukan dan saran

Masukan yang dapat disampaikan adalah agar guru menyertakan rubrik penilaian pada setiap RPP. Sertakan juga kegiatan istirahat yang dilengkapi kegiatan guru saat itu adalah "Mendampingi siswa makan*.


RPP Kelas IV

Komentar

RPP Kelas IV telah dirancang dengan baik dengan kesesuaian tujuan pembelajaran dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran. Tujuan besrta langkah-langkah yang disajikan. KBM juga telah mengarahkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. RPP juga telah menyajikan uraian materi dan soal HOTS pada akhir pembelajaran yang dilaksanakan pada Hari Sabtu. KBM juga telah mengakomodir kegiatan literasi, dan penanganan Protokol Covid-19. Demikian pula pembelajaran telah direncanakan secara menyenangkan.

Maskan dan saran

Masukan yang disampaikan agar guru menyertakan waktu pelaksanaan pembelajaran pada setiap tahapan sesuai jadwal yang telah di buat. Demikian pula agar menyertakan kegiatan istirahat pada langkah kegiatan pembelajaran. Pada kegiatan inti, agar guru merancang pembelajaran yang kontekstual berbasis Project Base Learning pada setiap tahapan yang relevan, karena penting untuk menciptakan kebermaknaan belajar bagi siswa. Pada kegiatan evaluasi hendaknya juga disediakan format penilaian dan rubriknya.


Kelas V

Komentar

RPP Kelas V telah dirancang dengan baik dan tepat waktu dengan kesesuaian antara tujuan pembelajaran yang ditetapkan dengan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan. Langkah pembelajaran telah mengarahkan siswa untuk belajar sesuai prinsip pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Pengaturan tahapan belajar juga telah baik dan terstruktur.

Masukan dan saran

Masukan yang disampaikan adalah agar pelaksanaan pembelajaran yang menyertakan kegiatan mengamati agar lebih detail langkah-langkahnya yang termuat terpisah pada LKS. Langkah kegiatan KBM dimaksud teramati belum secara jelas mengemukakan antara tugas siswa dan tugas guru sesuai panduan yang telah dibuat. Pentingnya guru menyertakan evaluasi kegiatan berlajar yang disertai soal HOTS beserta rubriknya pada akhir KBM.


Kelas VI

Komentar

RPP Kelas VI telah dirancang dengan baik dan tepat waktu dengan ksesuaian antara tujuan pembelajaran yang dirancang dengan langkah kegiatan yang dilaksanakan. Langkah pembelajaran telah dirancang agar tercipta pembelajaran yang berpihak dan berpusat pada peserta didik. Pengaturan tahapan belajar juga telah dirancang secara ceermat. Kegiatan belajar juga telah menyertakan peluang melibatkan orang tua dalam proses pendampingan belajar melalui kegiatan pnyusunan jurnal anak.

Masukan dan saran

Masukan yang disampaikan terhadap RPP yang dirancang adalah, agar disertakan rubrik penilaian, kegiatan istirahat disertai aktivitas guru mendampingi anak-anak menikmati bekalnya, mengoptimalkan penugasan anak-anak membuat jurnal harian, kegiatan literasi dan kepatuhan Protokol Covid-19


Guru Mapel Agama Kelas Rendah (1, 2 dan 3)

Komentar

RPP telah dirancang dengan baik dan tepat waktu. Struktur RPP juga telah mencrminkan RPP 1 halaman. Pada tujuan pembelajaran juta telah disajikan upaya guru menginplementasikan pembiasaan melaksanakan ajaran Agama Hindu.

Masukan dan saran

Agar RPP disempurnakan terutama menyangkut KD dan topik materi yang disajikan kurang relevan untuk siswa kelas 1, 2 dan 3. Perenanaan pembelajaran dengan langkah pembelajaran yang disajikan agar nyambung. Utamakan kegiatan siswa yang nyata kontekstual berbassi skill dalam mengamalkan ajadan agama.

Guru Mapel Agama Hindu Kelas Tinggi (4, 5 dan 5)

Komentar

RPP yang dirancang dengan baik dan tepat waktu. Struktur RPP juga telah mencerminkan RPP satu halaman dengan semangat merdeka belajar. RPP juga telah memuat tujuan pembelajaran untuk mengupayakan terjadinya pembiasaan siswa.

Masukan dan saran

Agar RPP lebih sempurna lagi, mohon untuk langkah pembelajaran Mapel Agama Hindu untuk lebih mengedepankan pengembangan sikap dan skill anak-anak dalam menjalankan ajaran Agama Hindu yang disesuaikan dengan materi. Misalnya jika ada materi tentang "Catur Guru" pembelajarannya dikembangkan dengan menugaskan anak-anak wawancara dengan orang tua selaku guru rupaka, guru selaku guru pengajian, dan pejabat pemerintah selaku guru wisesa misalnya dengan kepala desa, kepala lingkungan atau kepala sekolah. Sedangkan untuk guru Swadiaya wawancara dilakukan dengan Guru Agama Hindu terkait pengetahuannya tentang hakikat Ketuhanan. Catatan yang lain pada RPP Agama Hindu adalah untuk merencanakan pembelajaran yang bernuansa Project Base Learning disertai dengan soal-soal HOTS beserta rubrik penilaiannya.


Guru Mapel PJOK

Komentar

RPP PJOK telah baik dan sesuai dengan karakteristiknya sebagai mapel yang dominan materinya terkait keterampilan dan skill. RPP yang disajikan sudah mencerminkan RPP yang baik disertai dengan tahapan pembelajaran yang jelas.


Masukan dan saran

Agar pada saat evaluasi disertakan rubrik penilaian kinerja.


Kesimpulan

Mengamati dan mencermati RPP yang telah dirancang oleh guru secara umum telah baik. RPP telah mencerminkan perencanaan pembelajaran yang bertujuan mengembangkan karakter pengetahuan dan keterampilan yang senantiasa berpusat pada siswa. Pembelajaran dimaksud menyajikan langkah-langkah yang mengedepankan aktivitas belajar pada siswa, sementara guru lebih berperan sebagai fasilitator pembelajaran. Beberapa hal positif yang telah ditemukan dan layak untuk mendapat penguatan serta benar-benar diimplementasikan dalam pembelajaran adalah:

  1. Guru telah menugaskan siswa untuk selalu mengadirkan pembelajaran dengan mengedepankan karakternya dalam berkolaborasi dengan orang tua untuk mengembangkan sikap disiplin, bertanggung jawab, kerjasama/gotong royong, peduli untuk hal-hal seperti kegiatan kebersihan diri dan lingkungan, keagamaan dan kebiasaan lainnya yang baik di rumah.

  2. Guru telah menugaskan siswa untuk senantiasa membuat jurnal harian dalam rangka pengembangan karakter dan kegiatan yang mendukung literasi

  3. Guru telah mengembangkan RPP secara tepat waktu sebelum pelaksanaan pembelajaran dimulai

  4. Guru telah menghadirkan pembelajaran yang memberi peluang dalam upaya mengembangkan kegiatan hidup sehat untuk menanggulangi penyebarluasan Pandemi Covid-19

  5. Guru telah menghadirkan pembelajaran mode daring menggunakan platform Google Class Room, untuk mendukung pengembangan TIK bagi anak

  6. Guru telah mengembangkan kegiatan literasi secara instensif dalam upaya mendukung pemahaman materi dan pembentukan karakter'

Sementara hal-hal yang memerlukan penguatan adalah agar:

  1. Guru senantiasa menyelaraskan antara tujuan pembelajaran dan langkah pembelajaran yang disusun di RPP

  2. Guru senantiasa melengkapi RPP dengan LKS terutama untuk materi yang membutuhkan langkah-langkah spesifik dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini terutama menyangkut proses belajar pada materi IPA, IPA dan yang lainnya yang menerapkan penugasan terstruktur, proyek berjangka, mengandung unsur pengamatan yang bersifat eksploratif, kegiatan eksperimen, demonstrasi, bermain peran dan metode lain yang membutuhkan teknis khusus yang tidak mungkin ditulis dalam RPP

  3. Guru hendaknya senantiasa mengembangkan model pembelajaran kooperatif untuk menumbuhkan karakter gotong royong dalam upaya saling menghargai

  4. Guru hendaknya mengembangkan soal HOTS disertai panduan penilaian (rubrik)

Demikian refleksi kegiatan belajar Minggu Awal 3 ~ 8 Januari 2022. Semoga apa yang disajikan ada manfaatnya.