BEST PRAKTIS 2021

ABSTRAK
Putra, I Wayan, 2021,
Superfleksibel Berbasis OnOff untuk Mengembangkan Profil
Pelajar Pancasila pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri 7
Subagan
Kata Kunci
supervisi, refleksi, pembelajaran, online, offline,
profil pelajar pancasila
iputra64@admin.sd.belajar.id, http://sd7ok.id,
Laporan Best Practices ini berjudul Superfleksibel berbasis OnOff ini adalah akronim dari supervisi refleksi pembelajaran berbasis online dan offline. Kegiatan itu dilaksanakan beranjak dari masalah Bagaimana mengembangkan karakter siswa ketika kegiatan belajar dari rumah di masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri 7 Subagan tahun 2021, melalui metode Superfleksibel secara Online dan Offline Karakter dimaksud adalah karakter Abad 21 yang teridentifikasi sebagai tantangan global, selanjutnya diadaptasi oleh Indonesia menjadi Profil Pelajar Pancasila. Solusi yang diajukan dalam menyelesaikan masalah tersebut adalah penerapan metode Superfleksibel berbasis OnOff. Superfleksibel adalah langkah sistematis dalam melakukan kolaborasi kegiatan supervisi dan refleksi secara tidak terpisahkan dan bersifat terkolaborasi antara kepala sekolah, guru dan siswa. Adapun subjek kegiatan ini adalah guru yang berjumlah 9 orang, siswa yang berjumlah 160 orang guru yang berpartisipasi sebanyak 128 orang. Strategi OnOff ini dilaksanakan dengan tetap mengedepankan kesepakatan dan melihat perbedaan kondisi. Metode Superfleksibel ini dilaksanakan secara Online dengan pemanfaata tools Google sepeti kolaborasi antara Google Classroom, Google Sites (http://www.sd7ok.id) Wordspress blog (http://www.metode,id), dan Whatsapp Group. Sementara secara Offline, melalui rapat sekolah, kunjungan rumah, bibimbingan klinis, dan mengambil tugas ke sekolah. Adapun hasil dari kegiatan ini adalah tercapainya pengembangan karakter Profil Pelajar Pancasila, seperti 1) Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia dari persepsi orang tua terhadap anaknya, dengan capaian pada kreteria selalu dan sering sebesar 78,2%; 2) Berkebhinekaan Global telah dilakukan secara baik, dengan hasil yang baik, yaitu berada pada katagori baik dengan besaran 80%; 3) Bergotong -royong telah menunjukkan capaian yang paling tinggi yaitu katagori baik dengan besaran 84,4%; 4) Mandiri, juga pada katagori baik, dengan capaian 72,9%; 5) Kritis, juga tergolong baik, dengan capaian 63,4%; 6) Kreatif, masih berada pada besaran 52,2%. Capaian keenam aspek tersebut juga didukung pernyataan deskriptif refleksi guru dan siswa.
Bapak Kepala Sekolah Memimpin Rapat
Kegiatan Pembimbingan & Penyusunan RPP
Kegiatan Pembimbingan RPP oleh Bapak Kepala Sekolah

Guru Menyapa Siswa lewat Video

VIDEO SALAM PEMBUKA OLEH GURU KELAS I


VIDEO SALAM PEMBUKA OLEH GURU KELAS II

VIDEO SALAM PEMBUKA OLEH GURU KELAS IV

Kegiatan Pembelajaran Daring Menggunakan Google Meet

KUNJUNGAN RUMAH SISWA KELAS I
NAMA SISWA : I KOMANG GITA PRASATYA WIJAYA
TANGGAL : RABU/24/03/2021
KENDALA YANG DIALAMI, ANAK SULIT DALAM UNTUK DIAJAK BERKOMUNIKASI,KARENA ITU GURU MELAKUKAN KUNJUNGAN KE RUMAH NYA UNTUK MELIHAT BAGAIMANA KESEHARIAN ANAK.
SOLUSI UNTUK HAL INI ORANG TUA AGAR SELALU MENDAMPINGI ANAKNYA, MEMBERIKAN MOTIVASI AGAR MAU BERKOMUNIKASI DENGAN GURUNYA DAN ORANG LAIN.

KUNJUNGAN RUMAH SISWA KELAS II
NAMA SISWA : I GEDE EGA SATYA PUTRA
TANGGAL : RABU/03/03/2021
KENDALA DALAM PROSES PEMBELAJARAN KARENA HP YANG DIGUNAKAN MILIK ORANG TUA, DAN ORANG TUA NYA BEKERJA JAUH.
SOLUSI DARI HAL INI, AGAR HASIL TUGAS ANAK DISETORKAN LANGSUNG KE SEKOLAH.
KUNJUNGAN RUMAH SISWA KELAS III
Nama Siswa : Ni Komang Deana Putri Octaviani
Tanggal Kunjungan : Selasa/23 Maret 2021
Permasalahan : Siswa yang tidak pernah mengumpulkan tugas baik ke sekolah maupun google classroom.
Solusi : Dari kunjungan rumah yang telah dilaksanakan, orang tua siswa mengatakan bahwa anaknya memang tidak mau nbelajar.
Saran : Tolong kepada orang tua siswa menyempatkan mendampingi anaknya dalam belajar dan mengerjakan tugas sekolah.
untuk siswa jangan malas,rajinnlah belajar, dan ingat untuk mengerjakan tugas yang ibu guru berikan.



KUNJUNGAN RUMAH SISWA KELAS IV
Nama Siswa : Ni Putu Ardelia Ayuningtyas
Tanggal Kunjungan : Selasa/30 Maret 2021
Permasalahan : Siswa yang tidak pernah mengumpulkan tugas baik ke sekolah maupun google classroom.
Solusi : Dari kunjungan rumah yang telah dilaksanakan, siswa sudah mengerjakan tugas tetapi tidak dikirim di google classroom maupun ke sekolah karena siswa mengira untuk mengerjakan terlebih dahulu, mengumpulkan semua nya secara keseluruhan.
Saran dari Guru Wali : Tolong kepada orang tua siswa menyempatkan mendampingi anaknya dalam belajar dan mengerjakan tugas sekolah.
untuk siswa agar setiap pembelajaran agar ingat untuk mengisi absen di google classroom, serta ingat setiap mengerjakan tugas agar segera dikirim di google classroom, jika kendala sinyal bisa untuk mengumpulkan ke sekolah, karena jarak dari rumah siswa ke sekolah juga terbilang dekat.
Saran dari Guru PJOK : Untuk mata pelajaran lain, seperti PJOK,Agama Hindu, dan Bahasa Bali juga ingat untuk dikerjakan, sama seperti guru wali jika kendala sinyal, tugas bisa dikumpulkan ke sekolah, tetap semangat, jangan malas belajar
KUNJUNGAN RUMAH SISWA KELAS VI
Nama : I Ketut Agus Antara
Tanggal Kunjungan : Jumat/ 2 april 2021
Permasalahan : Siswa yang tidak mengikuti pembelajaran daring lewat google classroom maupun lewat WA, serta tidak mengetahui jadwal Ujian Sekolah.
Solusi : Guru Wali beserta guru Mapel melaksanakan kunjungan ke rumah siswa dan bertemu dengan wali siswa dan memberikan bimbingan kepada siswa, siswa tidak mengikuti pembelajaran daring karena terkendala HP yang rusak dan terkendala kouta internet, kemudian siswa diajak ke sekolah untuk mengikuti ujian sekolah dengan didampingi oleh guru wali. tidak lupa juga siswa diberikan bimbingan dari Bapak Kepala Sekolah.


KUNJUNGAN RUMAH GURU AGAMA
Nama Siswa : I Gede Bhagaswara Adi Pratama
Tanggal Kunjungan : Rabu,17/03/2021
Permasalahan : Siswa tidak disiplin mengumpulkan tugas yang diberikan, sementara saat pembelajaran tatap muka siswa tersebut disiplin mengumpulkan tugas yang diberikan.
Solusi : Dari observasi/Kunjungan kerumah siswa atas nama Bhagaswara dan menanyakan langsung dengan kedua orang tuanya dan siswa bersangkutan Kendala yang dialami yakni orang tua bekerja ditoko sehingga orang tua tidak sempat kesekolah karena dikejar waktu, untuk itu siswa itu sendiri tidak ada masalah (semua tugas dikerjakan) hanya saja terkendala orang tua yang tidak sempat untuk memperhatikan anaknya.
Guru memberikan panduan belajar mengenai bercocok dan dan mengenal alam sekitar

Dokumentasi siswa sembahyang di rumah
Dokumentasi siswa membantu pekerjaan rumah
Dokumentasi Kegiatan Belajar Siswa
Dokumentasi Kegiatan Siswa Berolahraga




Dokumentasi Kegiatan Siswa melakukan eksperimen




KEGIATAN GOTONG ROYONG

Dokumentasi Kegiatan guru belajar AKM
